Penyesatan Melalui Minyak Urapan

Artikel ini dicuplik dari buku yang ditulis oleh Gbl. Firman Legowo yang berjudul Surat Terbuka Demi Menegakkan Kebenaran Alkitab. Dengan beraninya beliau menelanjangi orang-orang yang menurut beliau, menyimpang dari kebenaran Alkitab. Salah satu judul babnya adalah Penyesatan Melalui Minyak Urapan. Dengan singkat, padat dan jelas beliau menjelaskan bahwa konsep minyak urapan yang telah dipraktekkan oleh beberapa gereja yang menganut paham gerakan kharismatik adalah sesat. Minyak urapan tidak ubahnya seperti praktek perdukunan dengan mengatasnamakan kekristenan. Berikut ini adalah tulisan yang dikutip dari buku Gbl. Firman Legowo dimulai dari halaman 24.

Konsep Minyak Urapan di dalam Perjanjian Baru

“…Datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan” Matius 26:7. Seorang perempuan pernah datang kepada Yesus dan mengurapiNya dengan Minyak Urapan “sungguhan.” Mengapa Tuhan Yesus tidak menolak ketika Dia diurapi dengan minyak wangi yang mahal? Karena Tuhan ingin membuktikan bahwa diriNya adalah seorang Mesias yang layak menerima Minyak Urapan. Minyak Urapan yang “beredar” adalah minyak urapan palsu yang berbeda dengan Minyak yang dituangkan di kepala Tuhan Yesus pada saat itu. Di sisi lain Maria pernah menggunakan minyak narwastu murni untuk mengolesi khaki Tuhan Yesus ketika Ia berkunjung ke Betania (Yohanes 12:2). Siapakah lagi di dalam Perjanjian Baru yang menerima Minyak Urapan? Tidak Ada seorangpun, selain Tuhan Yesus. Baik Rasul-rasul maupun orang-orang percaya pada saat itu tidak berhak menerima Minyak Urapan karena mereka bukanlah Mesias, sehingga mereka tidak boleh menerima minyak urapan.

Konsep Minyak Urapan yang Terjadi Saat Ini

Konsep pengurapan dengan media “minyak urapan” yang terjadi di beberapa gereja yang beraliran kharismatik saat ini sarat dengan kesalahan, tidak alkitabiah dan cenderung menyesatkan. Setidaknya terdapat empat kesalahan mendasar:

1. Konsepnya, tidak alkitabiah

Pada zaman Perjanjian Baru minyak urapan diterima Tuhan Yesus untuk membuktikan bahwa Ia adalah Mesias/ Yang Diurapi. Sedangkan konsep minyak urapan pada saat ini bertujuan untuk memulihkan kondisi perekonomian seseorang yang sedang “morat-marit,” membebaskan seseorang dari “kutuk” pisau operasi, menyembuhkan berbagai macam penyakit, agar mendapatkan jodoh, agar usaha/ bisnis seseorang lancar, dll. Konsep ini tidak alkitabiah dan meyesatkan karena konsep perdukunan masuk ke dalam gereja.

2. Bahannya, tidak alkitabiah

Minyak Urapan yang diterima oleh Tuhan Yesus adalah minyak yang mahal harganya yang disimpan di buli-buli pualam. Tetapi minyak urapan yang ada saat ini adalah minyak kelapa sawit yang hanya disimpan dibotol plastik biasa.

3. Orang yang mengurapi, tidak alkitabiah

Orang yang mengurapi dengan minyak urapan saat ini adalah orang yang tidak mengerti tentang konsep minyak urapan yang terjadi di dalam Alkitab. Pada saat Tuhan Yesus diurapi dengan Minyak Urapan, Ia bukan dalam keadaan sakit, atau dalam keadaan ekonomi yang morat-marit, atau supaya perekonomianNya menjadi lancar, dll. Tetapi Ia adalah Mesias yang layak menerima urapan. Tetapi sekarang, dukun telah masuk ke dalam gereja dengan berkedok sebagai hamba Tuhan.

4. Orang yang menerima pengurapan, tidak alkitabiah

Siapapun orangnya saat ini, tidak berhak menerima pengurapan karena mereka bukanlah Mesias. Kalau mau rejekinya lancar, cukup berdoa kepada Tuhan sambil terus bekerja dengan giat. Kalau sedang sakit, berdoa kepada Tuhan meminta kesembuhan sambil berobat.

Iklan

51 thoughts on “Penyesatan Melalui Minyak Urapan

  1. Meilina

    saya hanya mau menyampaikan bahwa penulis benar dan berdasarkan firman Tuhan
    Ingat saudara – sarudara kalau mengenai muzijat ” Iblis juga bisa membuat muzijat ”
    bisa menyembuhan orang sakit, bisa membuat kita kaya tapi kita harus ingat apakah hal itu memuliakan Tuhan dan apakah kalau kita sakit harus di sembuhkan ? kalau kesembuhan kita memuliakan Tuhan Jesus ok tapi kalau menjadi batu sandungan hal ini untuk apa kita sembuh mungkin akan lebih baik dalam keadaan sakit kita boleh menjadi berkat dan memuliakan Tuhan Jesus , jadi dalam hal ini coba kita kita pikiran bersama
    Mengenai penulis saya bukan ngiri tapi saya percaya kalau penulis ingin mengukapkan kebenaran Firman Tuhan . ” bukan yang banyak yang masuk dalam kerajaan surga justru yang benar yang beroleh kerajaan Surga ” dan biarlah kita bukan bagian orang yang banyak tapi kita adalah bagian orang yang benar

  2. Yohan

    Untk fungsi minyak urapan sendiri keluaran 30 ayat 22-33 yg penting tu ayat 31 sampe 33. Baca gih n cepat tobat dr jalan yg salah, n kembali ke ajaran YESUS KRISTUS.

  3. Yohan

    Mau minyak dewa kek apa kek pada dasarx setan jg bisa buat mukjizat apalg di bumi karna iblis berkuasa memberikan mukjizatx di bumi kpd manusia. Ingatlah akan cobaan ke 2 di padang gurun. Iblis menjanjikan kekayaan di bumi, Apa bedanya dgn pemulihan ekonomi di dunia ini. Imanmu yg bisa menyelamatkanmu saudaraku, bukan minyak urapan atau perjamuan kudus. Ingat tdk kata YESUS, lebih baik mengatakan dosamu telah diampuni dan imanmu telah menyelamatkanmu. ‘Dari pada’ bangunlah dan berjalanlah dll.. Baca alkitab ulang2 renungkan dgn baik maknanya. Saya lebih sarankan pada fokus ajaran yesus pada 4 injil utama ketimbang yg lainx, yg lain di jadikan landasan iman sj. Tp ke 4 injil utamalah yg kudu di pelajari lg. Mau bertanya ttg iman, injil. Add my via fb. tanyohanes@yahoo.com . Nama fb, ibrahim tan.

  4. Borita Mallo

    Memakai minyak urapan tidak ada salahnya karena itu memang tertulis di Alkitab. dari zaman dahulu kala zaman Musa dan para nabi yang lain minyak urapan ini sering dipakai bukan karena untuk kepentingan manusia itu semua untuk kepentingan dari ALLAH saja. kalau saudara meneliti Alkitab perjanjian lama dengan seksama maka saudara akan mengerti dengan pentingnya minyak tersebut! sekarang jika minyak tersebut dipakai oleh orang dengan maksud pemujaan kepada illah lain atau orang tertentu ataupun lembaga greja yang mengedepankan minyak urapan sebagai satu-satunya penyelamat maka itu adalah sesat. Fungsi utama dari minyak urapan ialah untuk mengurapi sesuatu atau pun orang agar orang itu di sukai ALLAH, INGAT bahwa Allah dalam perjanjian lama adalah ALLAH yang menyukai sesuatu yang berbau harum karena itu ALLAH menurunkan peraturan kepada Musa untuk segala persyaratan agar manusia itu layak untuk ALLAH. ini membuktikan bahwa YESUS juga memiliki sifat-sifat ALLAH dimana manusia datang kedalam tenda ALLAH haruslah membawa minyak yang harum untuk ALLAH dan Kristus juga demikian dimana Maria datang untuk meminyaki kaki Yesus dan Musa juga melakukan hal yang sama. Konsep Minyak urapan ini ialah bahwa Minyak tersebut telah di doakan dan di bedakan dengan minyak-minyak yang lain yang tidak memiliki fungsi yang sama. Jadi jikalau ada yang membawa minyak kelapa dan sebagainya sebagai bentuk minyak urapan maka minyak tersebut tidak mempunyai kuasa apapun didalamnya jika tidak di DOA kan kepada yang empunya KERAJAAN SORGA sehingga minyak ini bisa berfungsi bagi mereka yang tidak tau berDOA atau yang tidak mengenal Kristus. Sehingga nama Bapalah yang dimuliakan dalam hal ini.
    Ingat saudara tidak semua orang yang dapat datang kepada Bapa dan tidak semua orang yang sekalipun orang Kristen dapat menerima jamahan Roh Kudus di karenakan sekalipun anda Kristen tapi anda tidak dekat dengan Kristus sendiri. saya bukan bermaksud menuduh anda tapi alangkah baiknya teguran yang nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

  5. Steven

    Hei bro……………… Klo minyak urapan itu tidak alkitabiah…………… tp digunakan di gereja utk kesembuhan dll………………………….. klo itu salah kok bisa terjadi mujizat ? Mujizat nya bukan hanya satu kali saja, tp banyak, banyak, banyak kali, malah ga terhitung ! Klo minyak urapan itu salah dan tidak alkitabiah, jadi Mujizat itu dari siapa?????

  6. samuel

    Selama dalam ALKITAB itu ada,ALKITAB TETAPLAH KEBENARAN DAN PEGANGAN HIDUP KITA.Kalo dalam ALKITAB TENTANG PENGURAPAN MINYAK ADA,BERARTI ITU BENAR.
    JANGAN MUDAH BIMBANG OLEH PENGAJARAN YANG TIDAK BERDASARKAN PADA FIRMAN ALKITAB.KALO TIDAK PERCAYA GAK USAH PEGANG ALKITAB.CARI PEGANGAN HIDUP LAIN SAJA.
    TUHAN YESUS MEMBERKATI PENULIS..

  7. kamal

    cape dech…segala sesuatu harus bisa dibuktikan…apapun sebutannya, saat ini banyak yg disembuhkan dan dipulihkan….
    mengenai penyesatan, jika itu penyesatan, maka sudah puluhan taun yg lalu seharusnya minyak urapan tdk ada….tapi nyatanya sampai sekarang minyak tersebut masih ada dan eksis….

  8. matthew

    hahha ke tiberias ya ini…pendeta ini sirik kali umat tibeias banyak..wong banyak ujizat kok dari kuasa minyak urapan…cuma ornag sirik dan awam aja yang bilang tiberias menuhankan minyak urapan atau menuhankan pariadj…
    pak pendeta nih lagi cari simpatisan ya lewat blog? ksian amat

  9. onesimus

    Kesimpulan-kesimpulan dari penulis blog ini sangat menyesatkan!
    Betul ada indikasdi penyalahgunaan minyak urapan.Betul ada indikasi
    penyalahgunaan bahasa Roh.Semua itu memang sudah diperingatkan
    baik oleh Yesus Kristus sendiri maupun Paulus ( 1 Korintus 14).Jadi bukan berita baru lagi bagi mereka yang mengalami karunia-karunia
    ini.Jadi penyalahgunaan itu ada namun tidak berarti ditiadakan atau
    tidak diperlukan sebagaimana kesimpulan-kesimpulan penulis blog ini.
    Karena itu, sebuah peringatan untuk penulis blog ini ataupun mereka
    yang menjadi penumpang gelap blog ini yang notabene ingin mengadu
    domba atau sekalian ikut menyebarkan pemberitaan yang sesat lewat
    blog ini agar jangan mengurangi apa yang tertulis di Alkitab.
    Jika secara sadar dan sistematis Anda melakukannya akan berhadapan dengan Allah sendiri.Sebab penghakiman akan dihakimi
    berdasarkan KUHPnya Allah yaitu Firman Allah.Penilaian atau penghakiman sesat atau tidak sesat perlu atau tidak perlu bukan dengan menggunakan pisau analisa teologia konvensional dan rasional tapi firman kepada firman.Bukan pula berdasarkan mazhab ini atau mazhab itu.Bukan berdasarkan pemikiran denominasi ini dan itu,
    tapi sekali lagi berdasarkan kebenaran Firman Allah yang tertulis dan
    hidup.

  10. aigracia

    Saran untuk lebih mudah mempelajari alkitab:
    Bila ingin tahu apa yang alkitab katatan tentang sesuatu, minyak urapan, perjamuan kudus ( tubuh dan darah Yesus), karunia Roh, Roh Kudus dll.. coba cari di alkitab elektronik atau

    http://alkitab.sabda.org

    ketik kata yang ingin dipelajari:

    ketiklah minyak atau

    ketiklah minyak urapan

    dan dari ayat2 yang akan keluar,
    pelajarilah apa kata Alkitab mengenai minyak urapan dan mengapa minyak urapan itu penting.

    Kalau ada yng nanya, kok gereja pake minyak seperti dukun? Ingat dukunnya orang Mesir? Mereka hanya meniru.. Dukunlah yang meniru gereja dgn memakai minyak..

    Yang ASLI asalnya ya dari TUHAN dalam nama TUHAN YESUS

    Kenapa Iblis juga dalam ibadah menggunakan darah dan untuk jemaatnya ada juga perjanjian darah?? Ya, mrk hanya MENIRU

    Yang ASLI adalah yang ada di ALKITAB dalam nama TUHAN YESUS

    PELAJARILAH ALKITAB saudara2 yg terkasih dlm Yesus Kristus,
    PELAJARI DARI AWAL SAMPAI AKHIR……….

    Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik! I Tes 5:21

  11. aigracia

    Hak 9:9

    Tetapi jawab pohon zaitun itu kepada mereka:
    Masakan aku meninggalkan

    minyakku

    yang dipakai untuk menghormati Allah dan manusia,

    dan pergi melayang di atas pohon-pohon?

  12. aigracia

    Imamat 8:10
    Musa mengambil minyak urapan, lalu diurapinyalah Kemah Suci serta segala yang ada di dalamnya dan dikuduskannya semuanya itu. 8:11 Dipercikkannyalah sedikit dari minyak itu ke mezbah tujuh kali dan diurapinya mezbah itu serta segala perkakasnya, dan juga bejana pembasuhan serta alasnya untuk menguduskannya 8:12 Kemudian dituangkannya sedikit dari minyak urapan itu ke atas kepala Harun dan diurapinyalah dia untuk menguduskannya.

  13. aigracia

    Daripada debat gak berujung, malah memancing emosi… mending masing2 belajar Alkitab yukk.. Kekristenan intinya kan hubungan pribadi dgn Tuhan Yesus. Kalo gak baca Alkitab dan tdk memiliki hub dengan Tuhan Yesus, gampang disesatkan. Berdoalah seperti pemazmur: “Mzm 19:12
    (19-13) Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari ..”
    GBU all.

    Im 8:12
    Kemudian dituangkannya sedikit dari minyak urapan itu ke atas kepala Harun dan diurapinyalah dia untuk menguduskannya.

    Markus 6:12 Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, 6:13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

    Yakobus 5:14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua n jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. 5:15 Dan doa yang lahir dari iman p akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa maka dosanya itu akan diampuni. 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh . Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya 5:17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.5:18 Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

    Back to BIBLE !!!

  14. Rony Jaya, S.Th

    Sungguh Tulisan yang Luar Biasa dan Alkitabiah, hanya orang bebal, dan bodoh yang tidak mau tahu tentang kebenaran dan memahami firman Tuhan dengan baik dan benar. orang orang bebal dan bodoh ini cuman hanya mengkritik tanpa argumentasi yang lebih baik dan benar !

  15. Aseng

    Kalau kalian hanya menerima kata orang saja lalu ditelan mentah2 begitu saja tanpa di pelajari, nih gw kasih contoh cerita, mau ditelan mentah2 silahkaaan.., atau mau dipelajari dulu ya monggoo…

    Adam (manusia pertama) dan Hawa (manusia kedua) kawin lalu memiliki anak:

    1. Kain (manusia ketiga)
    2. Habel (manusia keempat)

    Habel tewas dibunuh Kain.

    Kain sendiri kabur jadi pengembara pergi jauh ke tanah Nod. DiSANAAAA… DITANAH NOOOD… DIA BERTEMU WANITA LALU KAWIIINN….

    Lhaaaa,wanita ini siapa???

    Dari manaaaa asalnyaa???

    Siapa bapak dan ibunyaaa???

    Kain lalu memiliki anak yang bernama:

    -Henokh (manusia kelima)

    Lalu Kain mendirikan SEBUAH KOTA yang diberi nama sesuai dengan nama anaknya.

    KOTAAA??? Kalo penduduknya cuma bertiga mah, bukan kota atuh???
    Tapi Alkitab jelas mengatakan: SEBUAH KOTA!

    PASTI ADA “PENDUDUK LAIN” NYA SELAIN KAIN, ISTERI, dan ANAKNYA!!

    Setelah Kain kawin ditanah seberang, ayat selanjutnya menceritakan Adam (manusia pertama) dan Hawa (manusia kedua) lalu memiliki anak lagi sebagai GANTINYA HABEL yang bernama:

    3. Set (manusia keenam).

    Naaah,….

    Apakah Alkitab berdusta?
    Apakah Alkitab ngawur?
    Apakah Alkitab ngarang?

    PIKIR SENDIREEEEEE…

    Pade tersesat…. tersesat deeeh…

    hahaha….

  16. Aseng

    Banyak gereja yang menggunakan minyak atau hanya menumpangkan tangan saja dalam nama Tuhan Yesus Kristus, dan mukjizat kesembuhan terjadi.

    Itupun masih dibilang sesat ya?

    ooo…
    jadi lebih baik datang ke orang sakit, lalu berdoa:

    “… Tuhaaan, tolong sembuhkan orang iniii. Kami percaya engkau mau menyembuhkannya. Amiiinn…”

    Selesai berdoa lalu nasehati pasiennya…

    “…minum obatnya yaaa turuti kata dokteeerrr… kalo tidak minum obat, gimana bisa sembuuuhhh??…”

    Lalu apa gunanya berdoa, kalo sudah tahu obat yang menyembuhkan????

    hahahaahhaaa…

  17. Aseng

    Markus 16:17-18
    Tanda-tanda ini akan MENYERTAI ORANG-ORANG YANG PERCAYA:
    – mereka akan MENGUSIR SETAN-SETAN demi nama-Ku,
    – mereka akan berbicara dalam BAHASA-BAHASA YANG BARU bagi
    mereka,
    – mereka akan memegang ular, dan
    – sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat
    celaka;
    – mereka akan MELETAKKAN TANGANNYA ATAS ORANG SAKIT, dan
    ORANG ITU AKAN SEMBUH.”

  18. Aseng

    Markus 6:13
    dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan MINYAK DAN MENYEMBUHKAN mereka.

    Yakobus 5:14
    Kalau ada seorang di antara kamu yang SAKIT, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta MENGOLESNYA DENGAN MINYAK dalam nama Tuhan.

    Itu KATA ALKITAB Lhooo….

    BUKAN KATA DUKUNNN…!!!!!

    Atau, jangan2 kalian menganggap Alkitab mengajarkan perdukunan???

  19. Aseng

    kalo minyak urapan palsu dan tidak alkitabiah,, bagaimana dengan perjamuan kudus yang dilakukan hampir semua denominasi gereja dimana zaman dulu menggunakan anggur asli, namun kini mrenggunakan SIRUP RASA ANGGUR, bahkan di papua menggunakan COCA-COLA??????

    Minyak urapan vs minyak sawit
    anggur vs sirup rasa anggur
    anggur vs coca-cola

    Apakah karena demikian halnya dapat disimpulkan bahwa hampir 99% gereja di Indonesia sesat????

    Baptis percik dan selam bukan ditempat aslinya: sungai jordan. Tapi kolam renang yang dianggap sebagai “sungai yordan…

  20. Budiman Idris Malau Guru

    Ujilah setiap pengajaran. Sebab penyesat pasti ada. Tetapi celakalah orang yang melakukannya. Untuk mengetahui setiap ajaran, lihatlah dari buahnya. Buahnya apa? Lihatlah apa yang dikatah buah-buah roh. Jadi setiap pengajaran harus diuji. Oke?
    Jesus Bless Us

  21. yesaya pariadji

    Minyak urapan itu untuk mengurapi raja bukan orang sakit apalagi mengurapi pintu air untuk mencegah banjir

    perjamuan kudus untuk mengingat YESUS … bukan untuk penyembuhan orang sakit

    itu kata alkitab

  22. demino

    allo ini saya lagi yang sharing bahasa roh..

    soal minya urapan.. saya juga dapat kesaksian dari orang yang berbahasa roh jika dia juga punya karunia menyembuhkan

    sejak tahun 1976 dia mendapat ini karunia menyembuhkan ini, soal ceritanya saya tidak cerita disini karena mungkin kepanjangan.

    jadi banyak orang yang datang ke orang ini untuk dilayani, dan mereka yang sakit tidak langsung di layani [biasaya di pijat biasa dengan minyak kelapa], tetapi lebih dahulu ibadah.

    berdoa- baca alkitab- berdoa bebannya [doa syafaat]- selesai

    setelah itu baru di pijat.

    yang menarik.. orang yang sakit ini lalu membawa minyak kelapa tadi pulang karena dia tinggal di kabupaten lain.

    lalu dia membagi minyak ini dengan orang yang sakit yang ada disekitar dia, orang orang itu kemudian banyak yang sembuh.

    minyak yang dia bawa jika sudah setengah isinya dia isi ulang lagi dengan mniyak kelapa baru sampai penuh.

    begitu juga minyak yang sudah dibagi ke orang.. orang itu akan isi penuh.. jadi minyak ini terus meluas penyebarannya.

    dari pengakuan orang yang sembuh saya dapat kesimpulan:

    minyak urapan memang ada,
    minyak urapan bisa di bagi dan di isi ulang asal jgn samapi habis benar baru di isi ulang, kecuali untuk kasus tertentu dimana ada yang melakukannya dan bisa sembuh, perkiraan saya mungkin karena botol minyaknya yang terberkati juga.
    minyak urapan menjadi nyata karena diberkati oleh tuhan.

    dengan kata lain, tuhan memberkati minyak ini untuk kemudia dipakai untuk pelayanan..

    ambil keuntungan uang dari minyak urapan ?
    tidak di benarkan kecuali untuk modal beli minyak,

    minyak urapan tidak hanya terbatas untuk minyak kelapa, dari kesaksian orang orang yang sembuh mereka pakai minyak apapun,
    ada juga minyak urapan yang sudah mau habis yang sudah ada kecoa didalmnya saat di pakai tetap buat orang sembuh.

    minyak urapan cumaa alat, tetap iman dan kehedak tuhan yang menyembuhkan.

    trimakasih

  23. teddy

    segala sesuatu harus didasarkan pada diri “KRISTUS” yang menjadi sumber dari segala sesuatu, penggunaan minyak urapan hanya sebagai sarana atau media, jadi bukan unsur utama dari kesembuhan dan mujizat, tetapi dalam perkembangannya dasar tersebut bergeser, dimana kita lebih mementingkan dan malahan lebih mempercayai, mengimani sarana atau media minyak urapan sebagai penyembuh utama dan pemberi mujizat, dan pendeta pun didalam pengajaran kepercayaannya lebih menekankan kepada sarana dan media tersebut sebagai dasar iman, apalagi kalau sarana dan media tersebut dipakai untuk menyatakan dirinya sebagai penyembuh dan pemberi mujizat, jadi dalam hal ini ego dan dirinya pendeta dan alirannya yang diwartakan, bukan “KRISTUS” yang menempati dasar utama, inilah penyimpangan pandangan yang terjadi baik jemaat dan pendeta beserta alirannya.

  24. lOLY rESTINI

    yANG MENYEMBUHKAN ITU TUHAN YESUS,OLEH KARENA IMAN,MENGOLES DENGAN MINYAK ADA TERTULIS DALAM ALKITAB MARKUS 6:13 ,IBRANI 1:9 KEMBALI KEPADA FIRMAN TUHAN BACA ALKITAB,BERDOA DAN MINTA HIKMAT DAN PENGERTIAN JGN HANYA DENGAR APA KATA ORANG,PENDAPAT SAYA SAH-SAH SAJA MENGGUNAKAN MINYAK URAPAN ASAL TIDAK MENUHANKAN MINYAK ITU.
    .

  25. sarce

    apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah dalam nama Tuhan Yesus, kita akan mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita dihadapan-Nya jadi janganlah menjadi hakim atas sesamamu, doakanlah agar kita bersatu membangun Tubuh kristus di negeri kita ini, jangan kita pecah belah mari kita bersatu bergandengan tangan mencari jiwa-jiwa untuk Tuhan. amen

  26. romlus

    Ini pembahasan yg menarik. Jangan ada seorangpun yg tersinggung dan sakit hati.

    Pengolesan minyak itu memang ada diteladankan dalam Alkitab. Dlm PL biasaya untuk mengurapi seorang raja. Dlm PB mengoleskan minyak untuk orang sakit. Tentu kesembuhan itu bukan karena minyaknya, ttp iman kepada Yesus.

    Jika tidak ada minyak untuk dioleskan bagaimana? ya percaya saja kepada Yesus sang penyembuh, karena tanpa “minyak urapan” pun bisa sembuh. Artinya minyak jangan dijadikan patokan/berhala

    Jadi untuk melakukan sesuatu dalam “praktek kekristenan” harus sesuai di Alkitab. Contoh: minyak di oleskan keambang pintu rumah atau minyak disiramkan dipekarangan rumah, ini tidak ada di contohkan dalam Alkitab (wah… ini pemborosan namanya)

  27. Andreas Argo Tri

    emang org skrg sdh byk menyimpang menganngap seorg hamba TUHAN sperti dukun., sgt di sakralkan bila ingin ketemu. , tapi smua itu di kembalikan pd individu nya dgn kata lain motivasinya apa.

  28. Daniel

    Pendeta/Hamba tuhan mengolesi seseorang dgn minyak urapan kemudian org itu sembuh, lantas apa bedanya dengan seorang Dukun yg juga menyembuhkan pasien nya dgn menyemburkan air dari mulutnya???

    Pengerja2/Pelayan2 gereja menawarkan “Percaya Yesus” sebagai “solusi” untuk menarik seseorang yg sedang mengalami keterpurukan ekonomi, lantas apa bedanya dengan “solusi” gunung kawi untuk mendatangkan kekayaan???

    10 orang yg sakit kusta disembuhkan oleh Tuhan Yesus, namun hanya 1 orang yg kembali kepada Yesus & menjadi Saksi bagi Kristus.
    40 tahun bangsa Israel melihat mujizat2 yg Tuhan sendiri langsung lakukan terhadap mereka, namun semuanya itu tdklah membuat mereka bertobat juga.

    Jadi, Ketika Gereja mulai “menawarkan” Tuhan Yesus hanya melalui penekanan akan : Mujizat-mujizat, Kesembuhan, Bahasa Roh, Pengurapan melalui Minyak, dll, maka dpt dipastikan penyesatan akan begitu mudah berjalan didlm tubuh gereja itu sendiri, dan kita sebagai umat TIDAK akan mampu mengerti akan Jalan Keselamatan yg Sesungguhnya & bertumbuh Imannya seperti yg Tuhan Yesus inginkan…

    Gbu All.

  29. donals steven

    Saya rasa judul dari penulis, ada benarnya,memang, sekarang marak penyembuhan dengan minyak urapan, pengusiran setan dll. sebenarnya kalau kita mau belajar dari Alkitab yang adalah firman Tuhan
    kita akn melihat dan menilai bahwa praktek minyak urapan sungguh tidak alkitabiah bahkan bisa dikatakan sesat

    karena:
    1. Minyak urapan adalah barang yang berharga dan sakral, dan hanya dipakai untuk mengurapi, dlam peristiwa pentahbisan raja, imam, dan nabi.
    2. pembuatan minyak urapan dengan komposisinya sudah diatur sedemikian rupa di dalam Alkitab, bukan dari minyak biasa
    3. Minyak urapan bukan digunakan untuk menyembuhkan, atau memerciki rumah dan sebaginya, itu jelas sangat bertentangan denagn Alkitab

    kesimpulannya:
    Praktek pengurapan dengan memakia minyak saat ini tidak alkitabiah, karena jelas sudah melanggar prinsip alkitab, Tuhan bisa melakukan mujizat melalui apa saja, tetapi, manusia tidak bisa mengatur Tuhan melalui”job description” yang dibuat oleh pdt ternetu, ketika ada acara penyembuhan, karena sesungguhnya, kesembuhan hanya datang dari Yesus
    memang sekarang manusia beragama tidak lagi memakai akal sehat, semua hal diperalat untuk mencapai keangkuhan manusia bukan MEMULIAKAN ALLAH dan memnag itu harus digenapi sebagai tanda akhir zaman!
    sekian

    Tuhan memberkati!

  30. Jorry Ferry Monoarfa

    Aku juga agak tidak setuju jika menggunakan minyak urapan sebagai berhala atau memberhalakan minyak urapan, yaitu menggunakan minyak urapan sebagai jimat-jimat. Tetapi ulasan yang dikemukakan di atas mempunyai dasar yang salah. Minyak urapan yang dipraktekkan bukan didasarkan pada Matius 26:7m tetapi didasarkan pada kitab Yakobus, dimana orang yg sakit harus diminyaki.digosokkan minyak sambil berdoa oleh pimpinan gereja.

  31. Kornelius Harry Setiadi

    Silakan anda berdoa, bertanya sama Tuhan Yesus tentang minyak urapan yg penuh Kuasa Allah baca Firman Tuhan HAK 9:8-9,Ibrani 1:9, Mikha 6:6-7, Markus 6:13.Minyak Urapan Untuk :
    1.Memuliakan Allah & Manusia
    2.Agar lebih dari teman-teman sekutu.
    3.Untuk menyembah Allah
    4.Bebas dari marabahaya & bebas dirusakan.

  32. james immanuel

    Saya pikir Bpk Gbl. Firman Legowo belum meneliti secara mendalam tentang kuasa dari minyak urapan. Karena setahu saya ada ayat yang menyatakan bahwa kalau ada yang sakit harus di doakan dan di oles dengan minyak, lalu ada lagi mengenai orang yang dirampok lalu diselamatkan oleh orang samaria dengan membalut luka dan disiram anggur serta minyak. Intinya minyak urapan adalah sarana fisik untuk kesembuhan dan pentingnya Iman dalam kesembuhan tersebut. Kalau ajaran tersebut sesat mana berani pak Pariadji berkata bila ia bohong akan dilempar ke neraka dan terbukti banyak yang sembuh.
    Jadi mohon kita lihat secara alkitabiah (kt Gembala Firman) cek isi dari Wahyu 6:6 .

  33. Nepho

    saya setuju banyak sekarang praktek minyak urapan yang menyimpang..seolah-olah men Tuhankan minyak urapan, tanpa minyak urapan kita tidak dapat beriman kepada Tuhan.

    Tapi perlu diingatkan, minyak Urapan tidak hanya digunakan pada Yesus saja. Minyak Urapan telah digunakan oleh bangsa Yahudi untuk membersihkan diri dari segala kenajisan duniawi. Silakan anda baca Perjanjian Lama…

    Jadi…tidak salah menggunakan minyak Urapan tetapi harus pada tempatnya. Minyak Urapan sangat berharga dan sangat sakral, tidak bisa di bagikan begitu saja. Minyak urapan digunakan biasanya untuk menobatkan seseorang menjadi raja (lihat daud dan samuel).

    Jadi kesimpulannya, silakan menggunakan minyak urapan asal pada tempatnya dan jangan men Tuhankan minyak urapan.

    Tuhan Memberkati

  34. Ricky

    Sepertinya anda yang sesat.

    Bukti kuasa dibalik minyak urapan dan perjamuan kudus:
    -Banyak orang yang bebas dari keterikatan dan kutuk penyakit dan kutuk lainnya. LIHAT ACARA MUKJIZAT DI TVRI JAM 8 HARI SABTU. RATUSAN ORANG SUDAH BERSAKSI di acara tersebut. ratusan ribu orang dipulihkan. (TIDAK TERMASUK SAYA) KARENA SAYA MERASAKANNYA.

    KITA BICARA FAKTA, BUKAN PERDEBATAN.
    SAYA RASA, ANDA HARUS INTROSPEKSI DIRI. KARENA INI AKHIR ZAMAN.
    WAHYU 6:6

  35. Israel Jeha

    Bukan masalah mengatakan Bahwa Saya yang paling benar!mengenai Penyesatan2,tapi peringatan2 T.Jesus sendiri yg mengatakan sipenyesat,siantikristus akan lahir dari antara orang kristen/jemaat 1yoh2:18-19.Dari mana adanya Gnostik,Marcionisme?….saksi yehovah,christian Science?Mengapa lahir reformasi Martin Luther,John Wesley,Protestan,Pantekosta,gerakan Kharismatik?…….Jawab dulu yah!….Kalau sudah dijawab,sambil bergumam kita berkata,ini sejarah gereja!ada penyimpangan/penyesatan!Syukur Roh Kudus dinamis,melakukan perbaikan2 disepanjang masa.Menyadari hal2 ini terjadi karena jemaat awam harus dilatih tentang Alkitab secara exegesis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s