Bunda Maria Bukan Bunda Allah

MARIA BUKAN BUNDA ALLAH

Per Mariam ad Jesum adalah ungkapan dalam bahasa Latin yang antinya melalui Maria menuju Yesus. Ajaran ini dihembuskan oleh gereja Katolik sejak konsili Efesus yang pada intinya adalah wajib untuk berdoa kepada Maria karena sebagai jembatan antara manusia dan Allah. Konsep ini tertanam kuat di kalangan umat katolik. Melalui tulisan ini saya ingin membuktikan bahwa konsep tersebut tidaklah alkitabiah.

A. Pengantara itu bukan Maria
“Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,” I Timotius 2:5

“Dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru, dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel,” Ibrani 12:24

Jadi pengantara kepada Allah bukanlah Maria tetapi Tuhan Jadi secara alkitabiah Maria bukanlah pengantara bagi manusia dan Allah. Maria adalah perempuan biasa yang terpilih sebagai bunda Yesus bukan bunda Allah. Artinya Allah memilih Maria sebagai bunda Yesus ketika Ia menjelma menjadi manusia. Status bunda Yesus hanya berlaku di dunia saja. Status itu tidak berlaku sampai ke Sorga. Sekarang Maria di Sorga bukanlah berstatus sebagi bunda Allah. Ia hanya manusia biasa yang menghuni Sorga. Jadi bunda Yesus dengan bunda Allah adalah dua hal yang berbeda.

B. Maria tidak mungkin bisa mendoakan kita
“Ora pro nobis peccatoribus, nunc et in hora mortis nostrae” doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Istilah tersebut adalah cuplikan dari sebagian dari “Doa Salam Maria.” Konsep yang tidak alkitabiah apabila Maria yang telah mati sanggup mendoakan kita yang masih hidup bahkan orang-orang yang sudah mati.
Dalam dokumen Konstitusi Dogmatis tentang Gereja yang dituangkan dalam Lumen Gentium 66 mengukuhkan pendapat tersebut di atas. Mereka telah melakukan penyimpangan-penyimpangan dan membangun ajara-ajaran yang tidak alkitabiah. Di mana alkitabiahnya adalah orang yang sudah mati (Maria) tidak mungkin mendoakan orang yang masih hidup. Demikian juga Maria yang sudah mati tidak mungkin bisa mendoakan orang yang sudah mati. Saya yakin bunda Maria yang sekarang ada di sorga akan sangat sedih melihat umat katolik yang menghormatinya secara berlebihan. Saya juga yakin bahwa Maria sangat tidak berkeinginan diangkat sebagai BUNDA ALLAH, karena baginya, terpilih sebagai bunda YESUS sudah merupakan anugerah yang tiada tara baginya.

Iklan

45 thoughts on “Bunda Maria Bukan Bunda Allah

  1. John Timor

    Kata Yesus: Ibuku dan saudaraku adalah orang orang yang mendengarkan firmanKu dan melakukannya hari lepas hari.

  2. dyza

    bagi umat ortodoks, Maria bergelar Theotokos, yg dlm bahasa Aram disebut ܝܳܠܕܰܬ ܐܰܠܳܗܳ (Yoldath Aloho/Alaha). Terjemahan harafiah dalam bahasa Inggris yaitu “God-bearer”, “Birth-Giver of God” dan “the one who gives birth to God.” Jadi istilah Indonesia-nya kurang lebih yaitu “dia yg memberikan jalan lahir bagi Allah”. Umat ortodoks tetap menggunakan istilah ini.

    Dalam Ortodoksi, Bunda Allah tidak dipahami ataupun juga dimaksudkan untuk dipahami sebagai Maria sebagai Bunda Allah dari kekekalan – yaitu, sebagai Bunda Allah Bapa. Tetapi hanya dengan mengacu pada kelahiran Yesus, yaitu Inkarnasi. Keterbatasan ini dalam arti Bunda Allah harus dipahami oleh orang yang menggunakan istilah tersebut. Untuk membuatnya eksplisit, kadang-kadang diterjemahkan Bunda Allah yang berinkarnasi.

    Theotokos secara khusus mengecualikan pemahaman Maria sebagai Bunda Allah dalam arti yang kekal. Kristen percaya bahwa Allah adalah penyebab dari semua, asal atau sumber segala sesuatu, dan karena itu tanpa ibu atau ayah. Allah secara ontologis terpisah dari semua makhluk lain, sebagai Pencipta dari ciptaan.

    Di sisi lain , banyak orang Kristen percaya bahwa Sang Putra adalah milik Allah Bapa ” dari kekekalan “, tetapi lahir ” pada suatu waktu ” melalui Maria . Theotokos demikian mengacu pada Inkarnasi, ketika Pribadi Kedua dari Tritunggal Mahakudus mengambil rupa manusia di samping sifat pra-eksistensi ilahi-Nya, ini yang dimungkinkan melalui kerja sama Maria.
    Maria adalah Theotokos karena anaknya Yesus adalah satu orang yang adalah Allah dan manusia, ilahi dan manusia.

    Ortodoks tidak mendukung konsep Maria Immaculata (Dikandung Tanpa Noda).
    Kristen Ortodoks percaya bahwa Maria meninggal secara wajar, bahwa jiwanya telah diterima oleh Kristus setelah kematian, dan bahwa tubuhnya dibangkitkan pada hari ketiga setelah kematiannya dan bahwa ia dibawa ke surga beserta tubuhnya dalam mengantisipasi hari kebangkitan pada akhir zaman. Makamnya ditemukan kosong pada hari ketiga.

    Memang benar bahwa hanya satu Pengantara kita, yaitu Yesus Kristus. Penebus, Juru Selamat kita satu-satunya. Kita hormat pada semua orang” kudus, Maria, rasul”Nya … karena melalui mereka lah Kabar Baik itu kemudian sampai ke seluruh dunia.

  3. gudang bodo

    Anda bilang alkitabiyah?Bohong besar!!
    anda baca injil Yohanes akhir akhir:
    “klau semua dicatat dunia inipun tdk akan cukup.”
    trus anda mengabaikan ayat ini:
    Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.
    2 Tesalonika 15
    di mana anda menemukan ajaran tdk tertulis.
    Dari gereja gereja yg didirikan para rasul sendiri.
    Roma bisa. gak percaya?
    ortodok bisa di istambul (konstantinopel)
    di alexandria
    di syria
    yerusalem
    di malabar
    di etiopia
    Bahkan gereja yerisalem bernama santa maria.
    anglikan aja masih berdoa pd Maria.koq anda mau buat aturan baru.
    Martin Lutherpun berdoa Rosario koq anda malah jadi rasul disenting opinion.

  4. gudang bodo

    Maria sdh mati?kapan dan dimana makamnya Mas?Maria di angkat ke surga! Inilah yg diketahui Bp Bp gereja saat itu dan itu yg di ajarkan di gereja gereja para rasul.rasulmu siapa Mas?siapa yg ngajari ajaran Kristus pd anda?pendetamu?siapa yg kasih kuasa?

  5. gudang bodo

    ya ini murid rasul ke 13.rasul rasul aja mendirikan jemaat mengajarkan doa dan devosi pd bunda Maria koq disangkal.
    sebelum Paus menetapkan devosi pd bunda Maria udah ada Mas.mau bukti.gereja ortodox yg tdk dipimpin Paus dan punya suksesi apostolik dgn rasulnya juga melakukan devosi pd Bunda Maria.hereja rasuli inilah yg dahulu ikut menyusun alkitab.
    bgaimana Bapa Bapa gereja dulu bisa membedakan mana gnostic mana apokrip dan mana canonic?
    jawabannya adalah ajaran.jd tdk semua ajaran ditulis dlm alkitab.
    sy ingatkan,jmn pr rasul.juga bnyak yg.mengajarkan tentang Yesus.tp krna ajarannya tdk sesuai dgn pr rasul dan penggembalaan St Petrus, maka mereka disebut bidat.amda koq malah.menyalahkan ajaran para rasul di gereja katolik baik roma yunani koptic india etiopia dll yg memiliki tradisi sejak didirikan para rasul tho.apa anda lbh paham Yeaus dibanding para rasul hnya dari Alkitab yg disusun murid murid para rasul.ingat yohanes sdh mengingatkan,”klau semua dicatat ,dunia inipun gak cukup.”koq anda menolak ajzran yg tdk tercatat.apz anda rasul ke 13?

  6. nielz

    Tuhan Yesus bukanlah orang katolik…tpi jalan hidup sesuai Kristus..Tuhan Yesus td mendirikan agama…
    apa yg dilakukan Yesus ketika hidup di bumi itulah yg harus kita lakukan pelajari..bagaimana cara yg benar berdoa kpd Bapa..melakukan banyak mujizat..hidup yg berbuah…mengasihi sesama…Dia td berjalan pada dogma2 ritual agama manusia pada jamannya…itulah Kristen yg murni….

  7. Karundeng Rivilya Elisabeth

    aduh. aduh. kenapa selalu berkata ini ada dalam kitab suci, ini tidak ada. yang ada di kitab suci benar, yang tidak itu salah. sadar gk sih! yang tertulis dalam kitab suci berasal dari apa yg sebelumnya tidak tertulis. hanya saja pada waktu itu, yang di dianggap perlu dan genting harus di abadikan adalah ajaran-ajaran yang sudah sempat tertulis dan sekarang menjadi Alkitab itu. nah, ajaran lain ya gk sempat di tulis! karena, masih banyak hal lain yang di buat Yesus yang tidak tertulis di kitab suci berhubung tidak mungkin lah muat semuanya. (bdk. Yoh.20:30; Yoh 21:24).

  8. eddy handoko

    Penjelasan om salomo sangat alkitabiah dan lengkap semoga mencerahkan kita semua .. Ingat sabda Tuhan bahwa kita akan melakukan pekerjaan Allah yg lebih besar lagi dibandingkan Yesus sendiri?
    Hal ini terjadi karena Roh Kudus yg bekerja ..
    Tuhan memberkati kita semua.

  9. Vanilio

    Jika bunda maria bukan bunda allah supaya tidak alkitabiah jadi silakang menghapus injil lukas 1:43 yang berbunyi SIAPAKAH AKU INI SAMPAI IBU TUHANKU/Allah MENGUNJUNGI AKU

  10. mattius wirawan

    Pax te cum. Sobaaaat, Bunda Maria sungguh” ibu Tuhan! Bukankah Elisabet yg penuh Roh Kudus merasa diri kecil n bertriak: ‘ Siapa gerangan aku ini hingga ibu Tuhanku datang menengok aku! Anda prcaya kan bhw Yesuslah Tuhan? Kalo Yesus itu Tuhan ibuNya, Maria kan ibu/ bunda Tuhan! Kurang apa lg? Slanjutnya hal brdoa. Doa adalah komunikasi dg Tuhan. Sbb itu org katolik ga brdoa kpd Bunda Maria tp mohon kpd Bunda u mndoakan kita kpd Tuhan Yesus yg adalah Putranya sendiri yg dilahirkannya sndiri di Betlehem n dilarikanya brsama Yosef ke Mesir (ga dg psawat ato mobil ato speda motor, paling naik keledai lho. Berat amet yaa!), biar ga dibunuh Herodes kan! Lanjut! Kalo saya boleh minta anda mendoakan sya, apa salah kalo sy mohon Bunda Maria spy mendoakan sy? Gitu lho maas.JBU

  11. ky0ng

    menurut opini saya, seperti yg dibilang PETER di atas ” orang kristen gak tau wajah YESUS seperti apa”.. emang “mereka” tau -__-
    saya bukan mau menjelek2kan 1 sama laen, tapi saya sering melihat “mereka” berdoa pada patung Yesus / Bunda Maria..
    TERTULIS JELAS sejak PERJANJIAN LAMA-BARU… JANGAN MENYEMBAH BERHALA.. YESUS / MARIA yg diajak bicara / berdoa pada patung tersebut adalah NGAWUR, menurut saya “mereka” mem BERHALA kan YESUS/MARIA dalam wujud patung itu..
    Ingat saudara yg terkasih, saat Musa naik ke Gunung Sinai, Harun membuat patung anak lembu emas yang HAKIKAT nya “dianggap” sebagai rupa Allah..
    Mari kita renungkan semua minta HIKMAT TUHAN biar semua terwahyukan

  12. billy

    Allah Bapa di Surga mengajarkan kita umatnya yang percaya dalam Katolik doa : Bapa Kami dan Salam Maria…..apa yang salah dengan Bunda Maria….Tuhan Yang Maha Segalanya sanggup menciptakan apapun didunia, Surga dan alam semesta termasuk doa2-nya yang sangat Agung….semoga Tuhan memberkati kita yang berbeda pendapat sekalipun…

  13. Tonny

    Martin Luther, pendirimu pada tahun 1529 dalam komentarnya atas magnificat Bunda Maria memberi komentar seperti ini: “kita dapat memberikan banyak gelar kepada Bunda Maria sebanyak dedaunan di pohon tetapi hanya ada satu gelar yang bisa merangkum seluruh kebijaksanaannya yaitu gelar Maria Bunda Allah.

  14. Budiman Idris Malau Guru

    Beda pendapat di atas bisa dipahami, karena umat Katolik menggunakan Injil yang jumlah bukunya berbeda jumlahnya dengan injil yang digunakan oleh umat Protestan. Jadi terlihat saling debat dengan referensi yang berbeda. Kalau begitu nggak akan ketemu. Ingatlah, jangan pernah menginterpretasikan firman Tuhan sesuai keinginan manusia. Sebab siapakah manusia sehingga bisa mengetahui dan memahami pikiran Tuhan. Jangan pernah artikan firman Tuhan seturut pemikiran/perasaan. Untuk itu, setiap membaca firman Tuhan yang tertulis di Alkitab mintalah Roh Kudus untuk menyingkapkan arti (rahasia)-nya, yakni maksud dan keinginan hati Tuhan. Jika Tuhan menyingkapkan artinya, tidak mungkin ada firman (ayat-2) yang bertabrakan artinya satu dengan lainnya. Tetaplah semangat dan menjaga hati nurani. Jadilah murid Yesus yang baik, sebab Dia baik dan teramat baik. Oke?
    JBU

  15. I AM RC

    Saudara,Saudari..
    Tidak guna kita memperdebatkan hal ini..lebih baik kita mendoakan penulis ini..semoga Tuhan mengembalikan dia ke jalan yang BENAR..dan memberkatinya selalu..1KOR 13:4..GOD BLESS!!!

  16. Gbuman

    Kayaknya artikel ini hanya sarana utk mengadu domba umat protestan dan katholik… Waspada saudaraku se-iman…
    Saya berdoa bagimu hai…alkitabiah… Smoga damai selalu bersamu…
    Amien…

  17. Kuntoro

    Saya orang katholik….dan saya juga tidak pernah diwajibkan untuk untuk berdoa kepada Maria…..Saya menerima Bunda Maria sebagai Bunda Tuhan Yesus karena hati saya…..Dimana letak alkitabiahnya kalau orang yang sudah ada di surga ga bisa mendoakan orang yang hidup? lagi pula Maria tidak mati….Dia diangkat ke surga…..jadi Maria bukanlah orang yang sudah mati,,,,,Mereka yang ada disurga pun mereka hidup bukan orang yang mati. Kalau anda menganggap Bunda Maria mati ga ada orang mati yg bisa sedih…..melihat umatnya menghormati beliau. tidak ada konsep alkitabiah yang menyatakan bahwa maria sudah mati dan orang2 kudus yang dahulu hidup sekarang sudah mati. Saya yakin dan percaya mereka hidup di sorga bukannya mati.
    Tulisan anda bersimpangan dari atas sampe bawah. Sebaiknya anda merenung dahulu sebelum anda menulis dan menyesatkan orang lain….

  18. Edi Cassanop

    saya bukan orang katolik, namun apa yang saudara tuliskan diatas tidaklah seperti itu.

    Tulisan saudara terlalu dangkal. Pengertian dan perbedaan antara Bunda Allah dan Bunda Yesus yang saudara buat juga sangat menyesatkan…

    rgds

  19. simonsays2011

    Hendaklah menghormati Maria pada tempatnya, sebagai wanita yg di pilih Tuhan untuk melahirkan Yesus dan membesarkannya. Tidak lebih tidak kurang…

    GBU

  20. Kristo

    Saya baca tulisan Anda di atas, tertawa sendiri. Anda menyebut diri Alkitabiah, tapi tulisan Anda tidak Alkitabiah sama sekali…Anda masih mendasarkan pada logika manusia trus disambung2 kan dengan ayat Alkitab…kelihatan ngawurnya…Kuncinya adalah apa yang diperbuat Allah tidak dapat dilogikakan manusia. Apa yang terjadi di Sorga beserta isinya pun manusia yang hidup di dunia tidak mengetahuinya, lalu ‘hebat’nya Anda bisa tau yang ada di Sorga…hebat hebat selamat Bung Anda dapat bintang hahaha…Selamat atas kengawuran Anda…saya doakan Anda kembali ke jalan yang Benar…

  21. lucifer

    sebagai seorang malaikat iblis, saya tetap percaya bahwa Maria adalah Bunda Allah…
    ingatlah bahwa ajaran Gereja bukan hanya Alkitab, tetapi juga tradisi lisan dan juga pengalaman dan refleksi umat beriman….

    kalau memang umat Katolik percaya akan hal itu, kenapa harus dilarang…
    toh tidak membuat orang sesat kok..
    kenyataannya banyak orang yang disembuhkan dan dikuatkan dengan perantaraan bunda Maria…
    GBU

  22. Salomo

    DOGMA MARIA MATER DEI / THEOTOKOS
    A. MARIA BUNDA ALLAH
    • Merupakan dogma pertama tentang Maria – oleh Konsili Efesus (431) – dalam kerangka Kristologis melawan para bidaah Gnosis (doketisme) dan Nestorianisme. Mariologi diturunkan dari Kristologi.
    • Gelar ini sebelumnya telah digunakan oleh Alexander dari Alexandria (325).
    • Dengan gelar ini tekanan utama justru pada siapa Yesus yang adalah satu pribadi dua kodrat (Unio hypostateis – communicatio idiomatum).
    • Kesatuan pribadi Kristus memungkinkan kita untuk menerapkan padaNya kodrat ilahi dipandang dari sisi insani dan sebaliknya: misal ungkapan Putera Allah mati disalib ; Yesus anak Maria dari Nazaret turun ke dunia orang mati.
    • Demikian pula terhadap Maria sebagai Bunda Allah, konsep comunicatio idiomatum bisa dikenakan karena gelar ini mengungkapkan kesatuan riil antara kemanusiaan Yesus (melawan Gnosis) sekaligus Ketuhanan Yesus (melawan Yudaisme).
    • Karena Yesus adalah Allah sejak sebelum menjadi manusia dan saat berada dalam rahim Maria dia menerima kodrat insaniNya dan tetap Allah – maka Maria adalah Bunda Allah. Tugas Maria tidak dipersempit dalam fungsi fisiologis belaka
    • KGK 509 : Maria sesungguhnya adalah “Bunda Allah” karena ia adalah bunda Putera Allah abadi yang menjadi manusia, yang sendiri adalah Allah. Gelar “Bunda Allah” menunjuk pada kebenaran luhur mengenai inkarnasi, bahwa Yesus Kristus adalah sungguh Allah – sungguh Manusia
    • Kalau Nuh, Abraham, Musa, Samuel, Daud, dan banyak lainnya dipilih Allah karena kesalehan mereka – tidakkah menggelikan jika Allah memilih ibu-Nya secara serampangan? Kerap karena asal berbeda dengan Katolik, sejumlah orang menjadi tidak percaya Sabda Allah melalui Gabriel bahwa Maria “penuh rahmat” dan beroleh anugerah di hadapan Allah” (Luk 1:28.30)

    B. DASAR BIBLIS ?
    • Pertama secara harafiah bisa diambil dari kata-kata Elisabeth saat Maria mengunjunginya :”Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? (Luk 1:43 –kai poqen moi touto ina elqh h mhthr tou kuriou mou proV me )

    • Selanjutnya PB tidak menggunakan ungkapan Bunda Allah (Yesus pun tidak serta merta disebut Allah! karena menjadi Skandal dalam monoteisme yahudi!), namun Maria jelas disebut sebagai ibu Yesus (bdk. Mat 2:13, Luk 1:31; 2:34; Kis 1:14) dan ibu Putera Allah (bdk. Luk 1:35; Gal 4:4)
    • Secara Tipologis bahwa Maria adalah Bunda Allah, yang mengandung Allah diungkapkan dengan gambaran / gelar Maria sebagai Tabut Perjanjian (Baru). Tabut Perjanjian
    i. Yohanes : Kitab Wahyu
    • Dalam 2 Makabe dikisahkan bahwa Yeremia (587 SM) menyembunyikan Tabut perjanjian (TP) untuk melindunginya dari pencemaran saat pasukan Babel menyerbu dan menghancurkan Bait Allah. Dikatakan bahwa:”tempat itu harus tetap rahasia sampai Allah mengumpulkan kembali umat serta mengasihaninya lagi. Kelak semuanya itu akan ditunjukkan dan kemuliaan Tuhan serta awan akan tampak lagi” (2Mak 2:5-8)
    • Dan sangat mengejutkan bahwa di Why 11 dikisahkan bahwa Yohanes melihat bait suci yang di surga terbuka dan di dalamnya tampak TP ; seolah Yohanes ingin menyambung kisah 2 Makabe tersebut.
    • Dalam bait suci Salomo TP disimpan dalam tempat mahakudus. Dan sebenarnya TP lah yang menguduskan bagian dalam bait suci itu.
    • TP diselubungi oleh awan kemuliaan (shekinah), berlapis emas dan berisi tiga barang : 1. Loh batu dimana jari Allah mengguratkan Sepuluh PerintahNya di Gunung Sinai, 2. Satu Bejana berisi Manna yang menjadi makanan bagi bangsa Israel selama 40 th di padang gurun, 3. Tongkat Harun, imam agung pertama.
    • TP = kudus karena isi didalamnya sinonim kehadiran Allah di tengah Israel. Di mana TP berada – di situ YHWH hadir. Diperlakukan sangat hormat.
    • Setelah dinyatakan hilang, bait suci yang dibangun kembali tidak ada shekinah, tidak ada TP dan tahta kerahiman. Dan akhirnya Yohanes yang mengklaim telah melihatnya!
    • Yohanes sendiri sebelum masuk ke inti misteri Tabut Perjanjian di Why 12 – menyiapkan pembacanya dengan beberapa persiapan. Antara lain dalam Why 11:15 bahwa tabut itu muncul setelah bunyi sangkakala dari malaikat ketujuh yang harus melakukan pembalasan. Hal ini jelas menggemakan Yosua 6:13 yaitu kisah penaklukkan kota Yerikho untuk memasuki tanah terjanji, yang didahului dengan tujuh imam selama enam hari bergantian mengelilingi tembok kota dengan diam sambil membawa TP dan pada hari ketujuh terompet (vuvuzela) ditiup maka robohlah tembok kota.
    • Peran TP selain kehadiran YHWH – juga sebagai senjata ampuh dalam peperangan. “Kapan saja tabut itu berangkat, berkatalah Musa, ‘Bangkitlah, Tuhan, supaya musuh-Mu tercerai-berai dan orang-orang yang membenci Engkau melarikan diri dari hadapan-Mu” (Bil 10:35). Dan Yerikho (pintu masuk ke tanah terjanji) jatuh ke tangan Israel tanpa perlawanan sedikit pun bukan dengan fisik melainkan secara liturgis dan rohani.
    • (Peran yang sama diemban Maria dalam pertempuran rohani Gereja. Tanah terjanji adalah gambaran surga sebagai mana dilukiskan Yohanes dalam Why 12. Dan tepat di bab 11 diperlihatkan bahwa TP yang hilang itu ada di Bait Allah surgawi. Perempuan dan TP itu diungkap sebagai satu dan sama)
    • Agak aneh membaca Why 11 di mana dikisahkan TP telah dilihat dan dihantar dengan pararelisme Yosua 6:13 – dan dihantar dengan gempa, kilat, guruh dan hujan es seolah TP akan disingkapkan – namun cerita seolah-olah berhenti. Why 12 seolah berbicara tentang hal lain : perempuan berselubung matahari!
    • Sebenarnya tidak demikian karena tulisan asli kitab Wahyu adalah menyambung karena tidak ada pembagian bab dan ayat : Yohanes menunjukkan pada kita bahwa TP itu adalah seorang perempuan.
    • Siapakah perempuan itu??? Lihat dalam uraian Hawa Baru
    • Singkat kata Yohanes menunjuk bahwa Maria sebagai Tabut Perjanjian Allah karena dalam dirinya Maria mengandung Yesus Sang Juru Selamat. DIA-lah hukum baru yang tidak hanya ditulis dengan jari allah melainkan lahir dari Bapa (bdk Loh batu yang hanya ditulis dengan jari Allah). IA adalah Roti Surgawi yang menjadi bekal untuk hidup kekal (bdk Yoh 6:27-35; 48-59) dan IA adalah Imam Agung sejati yang mempersembahkan diriNya bagi kita.
    • Awan kemuliaan (Shekinah) menaungi TP dan bersemayam di dalamnya (Kel 40:34 dst). Dengan demikian TP berperan membawa kehadiran Allah hadir di tengah UmatNya ; demikian juga Maria, Roh Kudus yang menaungi dia (Luk 1:35) membuat Maria berperan membawa Kristus kepada dunia.
    • Dan peran yang sama diberikan kepada kita, saat kita menerima tubuh Kristus. Hendaknya kita dipenuhi dengan sukacita seperti daud dan Maria :”Jiwaku muliakan Tuhan – hatiku bergembira karena Allah Penyelamatku..” (Luk1:46-48)
    • Dilukiskan bahwa TP adalah Tahta Allah, diusung oleh para Lewi. YHWH adalah raja Israel dan TP adalah tahtaNya (bdk Mzm 68:25). Di atas TP dibuat “Tahta Kerahiman” (Kel 24:17 dst). Orang israel harus memohon kerahiman Allah yang bertahta di atas TP ( bdk 1Raj 8:21-53; Kel 25:22)
    • SebagaimanaTP berfungsi sebagai tahta kehadiran Allah, demikian juga Maria berfungsi sebagai Tahta Allah karena menatang bayi Yesus. Bagi Israel baru, Maria sebagai TP baru adalah Bunda Kerahiman dan Tahta Kebijaksanaan.
    ii. Lukas : Maria mengunjungi Elisabeth (Luk 1:39-45)
    • Lukas adalah sastrawan yang sangat cermat. Para ahli kagum akan keahliannya menyandingkan teks-teks kunci PL dan PB. Salah satunya adalah Kisah Kunjungan maria kepada Elisabeth (Luk 1:39-45) yang menggemakan kisah pemindahan Tabut Perjanjian ke Jerusalem dalam 2 sam 6 : 1-19

    • Mengapa Lukas menggunakan samaran ini? Mengapa tidak langsung saja mengatakan bahwa Maria adalah penggenapan TP?
    • Menurut Kardinal Newman : Kadang orang bertanya mengapa penulis suci tidak membeberkan kebesaran Bunda kita? Menurutku karena , barangkali, Maria masih hidup, saat para rasul dan penginjil menulis. Hanya satu buku Alkitab yang jelas ditulis sesudah Maria wafat, yakni kitab Wahyu, dan buku itu secara jelas mengkanonisasi dan memahkotai Maria.
    • Alkitab bukanlah sandi untuk dipecahkan, melainkan suatu misteri yang tak pernah tuntas dimengerti sampai akhir hayat manusia
    • Jadi Yohanes, sebagaimana Lukas, mempunyai pandangan yang sama bahwa Maria adalah Tabut Perjanjian Baru. Gereja adalah Israel baru!
    • Sebagai mana TP dihormati dalam liturgi Israel (….) – demikian juga Maria memiliki tempat terhormat dalam liturgi Gereja. Allah telah menempatkan Maria di tengah-tengah kenisah surgawiNya dan dimahkotai dengan dua belas bintang

    • Kembali masalah dasar Biblis Maria sebagai Bunda Allah. Dari ajaran biblis bisa disimpulkan :
    a. Maria adalah ibu Yesus;
    b. Yesus adalah sungguh Allah = Maria adalah Bunda Allah.
    • Jika kesimpulan kita tidak demikian (Maria = Bunda Allah) maka berarti kita menyangkal salah satu atau kedua premis dasar tersebut.

    C. MAKNA KEIBUAN
    • Keibuan adalah relasi yang terbangun ketika seorang wanita mengkomunikasikan kodrat kemanusiaannya sendiri kepada anak-anaknya. Pemberian kodrat itu terjadi sejak saat pembuahan dan terus dipelihara selama masa kehamilan, kelahiran dan kehidupan sang anak.
    • Relasi yang terjadi bukan sekedar pembentukan fisik belaka melainkan juga dengan segala aspek psikologis dan spiritualnya yang sangat dalam.
    • Meski demikian mengagumkan relasi ini, tetaplah tidak berarti sang ibu adalah pencipta jiwa anak, melainkan Allah sendiri.
    • Demikian pula Maria, ia tidak memberikan jiwa dan kepribadian ilahi terhadap Yesus dari rahimnya karena Ia telah ada sejak kekal (bdk KGK 471)
    • Sebagai ibu sejati, Maria sungguh memberikan kepada Yesus kodrat insani yang sama dengan kodrat manusiawi Maria sendiri. Lengkap dengan segala aspek manusiawinya.
    • Kodrat Ilahi Yesus sejak semula dalam rahim Maria melebur dalam kodrat insaniNya sehingga Maria bukan sekedar ibu dari suatu tubuh atau kodrat saja melainkan keduanya secara utuh.

    D. AJARAN PARA BAPA GEREJA
    • Dalam Liturgi :
    – Syahadat tertua (para rasul) :”aku percaya akanYesus Kristus Putra-Nya yang tunggal, yang dikandung dari RK, dilahirkan oleh Perawan Maria..”
    – Doa kuno kepada Maria sub tuum praesidium (padamu, kami berlindung..) dari abad ketiga telah menyebut Maria sebagai Bunda Allah
    • Ireneus (202) : “Perawan Maria… karena ketaatan akan sabdaNya, menerima seorang malaikat, kabar gembira bahwa ia akan melahirkan Allah”
    • Alexander dari Alexandria (325) juga menyebut Maria Bunda Allah
    • St. Efraim dari Syria (373) dalam hymne tentang kelahiran dengan jelas menyebut Maria sebagai bunda Allah
    • St. Athanasius (373) dalam risalah tentang Inkarnasi Sabda Allah dan menentang bidaah Arianisme juga menegaskan bahwa Maria Bunda Allah.
    • Hingga puncaknya pada Konsili Efesus 431 secara definitif menetapkan dogma Maria Bunda Allah yang oleh gereja barat diperingati sebagai Hari raya setiap 1 Januari. Ditetapkannya dogma ini menimbulkan sukacita bagi seluruh umat hingga perayaan di jalan-jalan hingga para Bapa Konsili diarak saat perjalanan pulang.
    • Dogma ini dipicu oleh ajaran Nestorianisme (Nestorius dari Antiokhia VS Cyrillus dari Alexandria) : ada dua pribadi Yesus satu ilahi – satu insani; dan Maria hanya melahirkan pribadi manusiawi (anthropotokos). Maria bisa disebut sebagai ibu Kristus (Christotokos) atau hanya penerima / penampung Allah (Theodokos) bukan Theotokos!!! (Mirip ya!)
    • Sampai saat ini devosi kepada Theotokos menjadi titik pemersatu diantara banyak umat kristiani yang terpecah, utama dengan Gereja-gereja timur (Bdk LG 69)
    • Dan menarik bahwa ketiga Bapa Reformasi Protestant : Luther, Calvin dan Zwingli semuanya menegaskan keibuan ilahi Maria
    • Martin Luther : dalam karya ini, yang dilaluinya ia menjadi Bunda Allah, begitu banyak hal istimewa diebrikan kepadanya sehingga tak seorang pun dapat memahaminya… Maria tidak hanya menjadi ibu dari Dia yang teralhir di Bethlehem, tetapi juga Dia yang, sebelum adanya dunia, secara kekal terlahir dari Bapa, dari seorang ibu dalam waktu dan pada saat yang sama adalah manusia dan Allah.
    • Ulrich Zwingli : Apa yang tidak dimiliki oleh ciptaan lainnya diberikan kepadanya sehingga dalam daging, ia harus melahirkan Putera Allah
    • John Calvin : Tidak dapat disangkal bahwa Allah, dalam memilih dan menetapkan Maria sebagai Bunda PuteraNya menganugerahkan kepadanya anugerah tertinggi…. Elisabeth menyebut Maria sebagai ibu Tuhan, karena kesatuan pribadi antara kedua kodrat Kristus sedemikian kokoh sehingga, dia bisa saja mengatakan bahwa manusia yang dikasihinya dalam rahim Maria, pada saat yang sama adalah Allah yang satu dan sama.

  23. Lucy

    saya setuju artikel anda di atas. di katolik ada devosi maria, knapa bukan devosi Yesus. Devosi = permintaan. aneh sekali. apakah maria tuhan? saya 7 thn yg lalu katolik, skrng sdh keluar 100%, karna saya tau pengajarannya sangat menyimpang dari Alkitab.

  24. monoex

    apakah anda seorang nabi?
    setau saya semua agama dibuat oleh manusia berdasarkan keputusan,jd logikanya agama tidak menyelamatkan.masalah ajaran,semua baik yg membuat tdk baik manusia itu sendiri.masalah tatacara penyembahan,wajar aj berbeda2 kalo sama logikanya hanya ad satu agama dong didunia.contoh aja adat istiadat,setiap daerah beda2 kan?,saran saya kalo bicara alkitabiah logika harus main dan belajar lg lebih giat.aku juga protestan jgn malu2in dong…..

  25. Anna Pasu Yikwa

    Betul, tu. Bagi umat yang percaya sepenuhnya kepada Alkitab. Tapi umat yang percaya kepada ajaran2 lain di luar Alkitab, bisa aja mempercayai hal itu. Karena banyak hal di dunia ini yang membawa ajaran seolah-olah itu dari Allah. Bahkan dukun pun suruh kliennya membaca Kitab Suci setiap orang yg datang padanya

  26. furniture minimalis

    diiman katolik memang diajarkan untuk berdoa kepada Bunda Maria agar doanya cepat terkabul. Karena kalau berdoa kepada Bunda Maria pasti langsung disampaikan kepada Tuhan Yesus. PAdahal kita seharusnya bisa berdoa langsung kepada Tuhan Yesus ya… berarti salah ya selama ini.

  27. chi rho

    satahu saya mengapa gereja KAtholik mengakui Maria sebagai Bunda ALLAH kerena dia mngacu pada doktrin hakikat manusia dan keALLAHAN Yesus tak terpisahkan (melekat) pada sinode di Efesus..
    aku sih masih bingung tiap doktrin TRINITAS ada kadarnya sendiri2 tiap gereja.. tapi semua gereja / denominasi Kristen yakin dan percaya TRINITAS…..

    walaupun Maria bukan Bunda ALLAH dia tetap BUNDA KRISTUS

    Christian Unite no Denomination

  28. yudha

    Kakak saya Kristen Katolik kalo berdoa tetap dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus, Tuhan Yesus Kristus, cuman dlm ibadah ada salam Maria.

  29. Terzier

    Berkah Dalem, Shallom.
    saya pun adalah Katolik. tapi tidak penting sebenarnya saya katolik atau kristen. yang penting Iman dalam Yesus Kristus. Yesus adl Tuhan saya, dan Bunda Maria adalah Bunda Gereja saya. itu saja bagi saya.

    ok, membaca dari artikel memang benar kata² saudara-ku diatas. anda terkesan menghakimi. anda tidak tahu siapa sebenarnya Maria, tp sudah berkata² tentang Bunda Maria. hal ini sama saja SARA. mohon jaga sikap anda. tidak peduli anda seorang Pendeta atau Evangelis… Jaga Lidah anda, dan jangan sampai kedangkalan Ilmu anda ini mencemarkan nama Tuhan Kita Yesus Kristus.

  30. sosialis kiri

    maria tidak bisa mendoakan kita ? maria itu sudah mati ?
    meskipun saya bukan seorang yang tahu betul tentang agama tetapi saya tahu kalau Maria itu tidak mati ,namun diangkat ke surga. maria adalah ibu Yesus ,sehingga Maria adalah orang terdekat Yesus, jadi kesimpulanya Mintalah Maria untuk mendoakanmu.

  31. aa

    Saya seorang yang tidak Atheis.

    Bunda maria itu, ibu dari Isa,tidak lain adalah yesus.
    Maka baik Bunda Maria atau Yesus, sama-sama menyembah Allah.
    Hanya Allah yang Esa.
    Sadarlah wahai umat kristiani.
    Kembali ke Agama Isa yang hakiki.
    Yesus bukanlah tuhan untuk di sembah dengan lukisan wajah yg berbeda2.
    Yesus adalah Juru Selamat yang memberi contoh agar kita ta’at kepada perintah Allah.

    Sadarlah !!!

  32. chika.tambun

    om/tante
    saya tanya kepada pnulis artikel ini: kalo anda merasa berhutang budi ato menghargai seseorang; masakan anda tidak menghormati juga bapak/ibu/sodara/anak dari seseorang tersebut?!

    that’s simple…
    satu lagi Tuhan kita itu YHWH

  33. biji sesawi

    Salam,

    Kata itulah yang mengawali Doa Salam Maria :

    Salam, Maria penuh rahmat, Tuhan sertamu (Luk 1:28)
    Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu : Yesus. (Luk 1:42)
    Santa Maria
    Bunda Allah (Luk 1:43)
    Doakanlah kami yang berdosa ini (a.l. Ayub 1:5)
    Sekarang
    dan waktu kami mati ( Gereja Katolik mengimani adanya purgatorium)
    Amin.

  34. Peter

    Orang2 protestant memang selalu berlindung dibalik kata2 yang tertulis di Alkitab. Kalau menurut saya orang protestant untuk tidak layak disebut orang Kristen. Sebutannya ya orang PROTESTANT. Tuhan-nya orang protestant tidak jelas yang mana. Katanya namanya juga Yesus tapi Yesus yang mana mereka sendiri tidak tahu. Asal tahu saja pada jamannya Yesus yang sekarang menjadi Tuhan-nya orang Katolik, juga banyak orang yang bernama Yesus. Jadi Yesus yang dimekasudkan orang protetant itu yang mana juga tidak jelas. Mereka mengakui Yesus mereka juga sisalib tapi mereka nggak tahu yang wajahnya seperti apa. Ada kalangan protestant mengakui Yesus sebagai tuhan-nya, wajahnya, bentuk fisiknya seperti Yesus Tuhannya orang Katolik, tetapi menganggap orang Katolik menyembah berhala. Aneh bukan. Orang protestant mengkritik orang Katolik menyembah Maria, tetapi mereka memuja-muja pendetanya yang kentut maupun tai-nya juga bau seperti kentut dan tai kita

  35. raymondmandri

    benar ,maria adalah manusia biasa yang dipilih dan dipakai Allah untuk menunjukkan KaryaNYA yg besar dan agung dalam Kristus Yesus Tuhan kita.

  36. Joni

    menurut saya, artikel diatas menitik beratkan pada logika. iman vs logika sudah barang tentu tidak akan ketemu sampai kapan pun juga.

    Jika orang katolik memiliki iman dan keyakinan terhadap bunda maria, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghormatinya, dan tidak perlu berkomentar lebih jauh lagi.

    semoga penulis artikel dan pembaca dapat memahami dan melihat hal yg berkaitan dng iman secara lebih dewasa lagi.

    salam.

  37. roy

    apa yang diungkapkan oleh penulis artikel diatas,menurut saya adalah benar…..maka menjadi kewajiban bagi umat katholik untuk menjelaskan doktrin doa maria tersebut berdasarkan kebenaran yang dipahami ,yang tentunya harus berdasarkan kebenaran alkitab….jika tidak dapat dijelaskan maka dengan sendirinya doktrin doa salam maria akan gugur dengan sendirinya..bila tidak dapat dipertahankan,maka janganlah diajarkan lagi.

  38. Eddy

    Allah maha tau dlm segala,Allah memilih Maria sbg bunda Yesus krn Maria adalah orang Kudus n tak bercela dihadapan Allah, kita manusia biasa saja jika memilih istri pastinya jg tdk sembarang pilih atau ambil dari pinggir jalan, kita pilih yg terbaik menurut kita, apalagi Allah, Dia Maha Besar n Maha Tau dlm segalanya… dala.

  39. budi

    Tanpa bermaksud apa2 dan tidak berdiri di pihak mana-mana. Saya ingin koreksi Almasih. Mestinya bukan dosa lidah, ini dosa jari (kalo memang bener ini dosa, ga tau dah). GBU.

  40. albert

    he..he…he, zaman dulu, Yesus menentang ahli2 taurat krn mereka seperti KELEDAI. Tidak bisa mencerna apa yg tertulis di hukum taurat & hukum lainnya, semuanya dibaca & ditafsirkan secara HARAFIAH.
    Zaman sekarang, ternyata masih ada juga manusia yg otaknya 100 % kayak ahli taurat. Kasian dech lue

  41. Almasih

    Saya adalah orang Katolik ,mengutip pernyataan anda diatas “….wajib untuk berdoa kepada Maria..” saya tidak pernah merasa di wajibkan oleh Gereja Katolik untuk berdoa kepada Maria tuh..! pernyataan anda tsb tidak bertanggung jawab karena anda menyatakan yang bukan sebenarnya, janganlah kita menghakimi orang lain kalau kita tidak ingin dihakimi…hati-hati jangan lah kita sampai berdosa karena lidah ! (Yak 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s