Persamaan Dukun Ponari dan Gerakan Karismatik

“Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya, Markus 16:17-20

 

Saat ini marak terjadi salah tafsir yang berujung pada kesesatan-kesesatan. Kita semua sangat memaklumi terjadinya fenomena DUKUN PONARI yang belakangan ini ramai dikunjungi pasien yang ingin disembuhkan olehnya. Dukun Ponari tidak melandaskan tidakannya pada Alkitab, wajar dia berbuat demikian karena Dukun Ponari tidak memiliki rambu-rambu dari Allah yaitu ALKITAB. NAMUN yang sangat menyedihkan adalah fenomena inipun muncul di dalam gereja yang bahkan kemunculannya jauh sebelum DUKUN PONARI muncul. Padahal kita sudah memiliki rambu-rambu dari Tuhan yaitu ALKITAB. Jadi kesamaan DUKUN PONARI dan gerakan karismatik adalah sama-sama tidak mentaati rambu-rambu dari Allah yaitu ALKITAB. Bedanya hanya, Dukun Ponari tidak mengetahui ada rambu-rambu sedangkan Gerakan Karismatik sudah mengetahui ada rambu-rambu tetapi sengaja dilanggar.

 

Berikut ini patut direnungkan:

Kalau kita tengok kembali Ayat di atas terutama pada ayat 20, berbunyi ton (itu) logon (firman) bebaiountos (sedang meneguhkan) dia (melalui) ton (itu) epakolouthounton (sedang mengikuti) semeion (tanda-tanda). Yang bila diartikan secara literal berbunyi demikian …Sedang meneguhkan firman itu melalui tanda-tanda yang sedang menyertai (firman itu). Menarik disimak bahwa ternyata kata bebaiountos dan epakolouthounton memiliki bentuk present active participle yang artinya merujuk pada tindakan aktif kontemporer atau tindakan aktif sezaman/ sewaktu/ setempo.

Zaman apa yang dimaksud? Tentu Zaman di mana firman Tuhan atau Alkitab belum TEGUH atau belum selesai ditulis. Setelah Alkitab selesai ditulis dan firman Tuhan SUDAH TEGUH maka KUASA-KUASA yang disebutkan di atas sudah dapat dipastikan BUKAN BERASAL DARI TUHAN.

APAKAH ALLAH MASIH MENDATANGKAN MUJIZAT? MASIH, Allah masih mendatangkan MUJIZAT tetapi tidak mengKUASAkan kepada seseorang. Allah dapat menurunkan mujizat secara langsung. Jadi tidak ada seorangpun yang berhak mengklaim punya KUASA PENYEMBUHAN, PUNYA KUASA ILLAHI, dll. Alkitabiahnya, KUASA itu bukan berasal dari TUHAN.

 

Iklan

43 thoughts on “Persamaan Dukun Ponari dan Gerakan Karismatik

  1. Kiky

    Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
    14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

    Sangat amat indah ayat diatas, Yesus meminta kepada Bapak untuk mengirim Penolong bagi kita yang percaya, yaiitu Roh Kudus yang adalah Allah sendiri.
    walaupun aku bukan kharismatik, tetapi melihat buah2 dari aliran ini, banyak jiwa2 dibawa dan dimenangkan bagi Yesus.

    Janganlah menghakimi, seperti Lukas 6:37, Penulis diatas, menurut aku melihat dari kacamatanya sendiri, namun Tuhan bekerja dengan banyak cara yang tidak dapat dipahami oleh pikiran dan logika manusia yang terbatas, untuk mengenal hasil karya itu apakah dari Roh Kudus, lihatlah buah2nya.

    Memang orang dunia tidak terbiasa dan tidak mengenal Roh Kudus, kita hanya mengenal dan bergaul dengan Roh Kudus kalau kita sudah menjadi sahabat Yesus, bergaul setiap hari dengan Yesus, kita berbicara dengan Yesus, semuanya itu dilakukan oleh Roh Kudus yang diminta Yesus kepada Bapa untuk menolong umatnya.

  2. Fiona

    Pengen tahu mereka yang komen dari tahun 2009, gimana tanggapan mereka sekarang dengan artikel ini? apa tercerahkan? apa tetap ngeyel anggap artikel ini “sesat” sudah tidak perlu dipertahankan lagi ajaran prosperity gospel karena yang dikejar hanya uang dan kesaksian fiktif 🙂
    Ajaran karismatik memang sudah banyak menyimpang, semakin banyak perpecahan dan membuat aliran baru, gak heran semakin bertambah denominasi. perlu disikapi akan hal ini dengan bijaksana.

  3. eddy handoko

    Lukas 9:38-41 .. kata yohanes kpd Yesus : Guru kami lihat seorang yg bukan pengikut kita mengusir setan demi namaMu, lalu kami cegah orang itu krn ia bukan pengikut kita.
    Tetapi kata Yesus:” jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yg telah mengadakan mujizat demi namaKu ,dapat seketika itu juga mengumpat Aku….

    Kesimpulannya jelas bahwa Tuhan tidak membatasi karya2 baik manusia bahkan yg bukan murid Tuhan ..

    Tuhan memberkati kita semua.

  4. Yonatan Dito

    Ada masalah apa dengan Kharismatik bapak???? Mari kita berdiskusi dab bukan menghina bahkan merendahkan. Sola Gracia

  5. arislazuardi

    halo penulis, selamat pagi. nama saya aris saya tinggal di sydney saat ini. Menarik sekali saya pagi ini bisa buka blog ini dan saya baru baca artikel yg membicarakan masalah karismatik ini hehehe. sedikit kesaksian saja, saya saat ini sudah umur 21 Tahun, dan waktu saya umur 18 tahun saya baru kenal Tuhan Yesus yang dari dulu keluarga saya adalah pengikut paham ateisme (alias tidak percaya Tuhan) keluarga saya sudah mendidik saya dari kecil untuk percaya kepada pemikiran dan akal saya sendiri, sehingga susah sekali bagi saya untuk percaya pada Tuhan, apalagi pada org kristen, karena saya dulu punya banyak teman kristen namun tindakan mereka ya sungguh sangat jauh dari kekudusan (ikut nonton porno bareng saya, ikut gosipin org, dkk) jadi susah bagi saya untuk percaya Tuhan dulu. Namun waktu saya sampai di Sydney, teman saya mengajak saya ke satu gereja, ya gereja karismatik itu. Disitu sungguh saya mengalami pengalaman luar biasa yg bener2 bikin saya percaya Tuhan sampai hari ini, dan hidup saya diubahkan luar biasa, meskipun masih banyak kelemahan, namun Tuhan Yesus sudah buktikan melalui hadirat-Nya, saya jadi ingin kenal dia lebih.

    Dan memang banyak orang disini (sydney) yang juga bilang kalo gereja karismatik itu sesat dan dari setan dan macam2, namun saya bertanya-tanya dalam hati. Kalau memang gereja karismatik (gereja yang roh kudusnya eksis, dan membiarkan Tuhan menjadi TUHAN akan gerejanya) itu sesat, dan dari setan. kok saya malah jadi lebih ingin kenal Tuhan Yesus? lebih ingin mengasihi sesama? dan jadi lebih percaya sama Tuhan.. hehehe

    sekedar kesaksian aja ini bang, hehehe soalnya saya benar2 sudah merasakan kuasa Tuhan lewat gereja yg tipe2 karismatik ini. Bukan bilang gereja denominasi lain tidak ada kuasanya, bukan. Karena Tuhan Yesus mengasihi semua umatNya yg benar2 mencari Dia. Kalo ga salah di Yeremia 29:12 deh kalo ga salah, If you seek Me with all your heart, You will find Me. hehehe, itu Janji Tuhan loh. Kalo Tuhan berjanji berarti Dia akan menepati janjiNya dan melawat umatNya.

    oke sekian abang penulis, salam dari Aris!

  6. stenly

    gw juga baru baca ini… tapi gw yakin deh… dari iman orang yang menulis ini.. dia bukan beriman kepada Yesus Kristus itu Tuhan dan juruselamat pribadinya.. melainkan tuhan yang lain…

  7. victor tawarik

    Penulis ini benar dan alkitabiah. Banyak penyimpangan ayat” firman yang tidak sesuai kehendak Allah. Kita hrus cek bahasa aslinya dan melihat latar belakangnya. Jangan comot” ayat sesuka hati kita. Orang Kristen yang dewasa itu udah gak perlu mujizat yang harus ia lakukan ialah TANGGUNG JAWAB. Mujizat bhasa aslinya Simeon yang berarti tanda. Contoh klo orang sudah tau jalan ke bandung, maka ia tdak memerlukan lgi tanda , krna dia Tau jalannya. Jadi hanya untuk orang” yang blm mngenal Yesus lah mujizat itu diperlukan untuk menyatakan bahwa Yesus Tuhan. Setelah itu jadilah dewasa dan bertanggung jawab. Saya sangat setuju dengan penulis. Krna ia jujur membedah alkitab dan tidak melebih”kan. Tapi mngkin terlalu ekstrem judulnya, meskipun itu benar. 🙂

  8. Tobing

    Wah seru nech….ada yg menyalahkan dan ada yg membela. Rencana mau belajar bahasa ibrani, malah jadi bingung. Jgn2 aq disesatkan apa ya….ach ..bodoh amat …si ahmad aja pinter. Yg penting guwe percaya Yesus dan baca Alkitab….kita liat aja nanti setelah kita mati, sapa yg akan di hakimi?…..yg menghakimi ato yg di hakimi? ..selamat berpikir lagi sauuuudara. Kalo saksi jahowa. Guwe angkat tangan deh…mereka gk percaya Yesus Kristus sih……jadi intinya…..yg kagak percaya Yesus Kristus.jgn harap masuk surga….soalnya pintunya sempiiiit.jadi pilih aja yg pintunya lebar……salam dari yg GAFITU…gagap firman Tuhan alias kampungan hehe…Yesus memberkati kalian.

  9. herman

    Ayolah, masa kita yang disebut Tubuh Kristus terpecah seperti ini, Lebih baik kita sharing bagai mana caranya memberitakan Injil dengan efektif, yang penting kita semua sama iman kepada Kristus dan terpenting disini bagaimana caranya kita share kasih meskipun lewat internet, bukankah iman, pengharapan dan kasih yang terbesar adalah KASIH. Semakin melihat perbedaan maka tembok pemisah akan semakin tebal, hanya dengan persamaanlah tembok itu akan runtuh.

  10. Reiterts

    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.

    koq kenapa anda tidak memberi penjelksan terhadap para komentator yang menuntut pertanggungjawabanmu

  11. david

    Matius 7:22-23 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
    Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

  12. Decky Sandil

    benar semuanya komentar2 yg diberikan moga2 penulis jadi yakin dan memiliki iman yg sungguh akan Yeshua HaMasiach melalui FirmanNya ALKITAB

  13. evata

    Tidak bisa di mengerti anda ini merasa diri paling benar… sehingga mengklaim semua ajaran sesat… sebelum anda mengerti kebenaran yang sesungguhnya jangan asal bicara….perdalam dulu pemahaman terhadap firman TUHAN….jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri…Bapa ampuni mereka karena mereka tidak tau apa yang mereka perbuat…JBU

  14. Mosal

    ngapain ribut soal apa yg diyakini oleh pribadi/kelompoknya. nga usah menghakimi org/kelompok lainnya. jgn merasa bhw dirinya/kelompoknya yg paling benar atau Alkitabiah. daripada ribut-ribut yg nga jelas, lbh baik semua denominasi saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan pandangan/doktrin yg ada. merendahkan diri dan bergandengan tangan sehingga bisa duduk bersama sebagai tubuh Kristus untuk memulihkan Indonesia. ingat ! pemulihan Indonesia nga bisa dilakukan oleh satu denominasi. semua harus terlibat bersama-sama. bagaimana orang Dunia bisa Melihat Yesus kalo Tubuh-Nya saja saling menghakimi !!!!! maluuuuu. ayo kita semua jadi orang percaya yg dewasa. karena saat ini Indonesia membuhtuhkan Gereja/tubuh-Nya yg Dewasa.

  15. Joseph Poedjianto

    Sebaiknya kita berbesar hati kalau Tuhan memakai orang lain lebih dari kita. Sebagai bahan perenungan, bagaimana dengan kisah Rasul Petrus & Andreas, Yohanes & Yakobus, Rasul Paulus dll, dimana mereka melakukan mujizat² penyembuhan seperti yang Tuhan Yesus lakukan selama di dunia ?
    Saya kira hamba² Tuhan yang memperoleh karunia penyembuhan tidak mengklaim diri mereka punya karunia tsb, tetapi banyak orang yang telah disembuhkan yang membuat klaim tsb.
    Terima kasih dan mohon maaf kalau ada kata² saya yang salah.

  16. eljadin

    “…Setelah Alkitab selesai ditulis dan firman Tuhan SUDAH TEGUH maka KUASA-KUASA yang disebutkan di atas sudah dapat dipastikan BUKAN BERASAL DARI TUHAN…”.
    kenapa sampeyan sibuk dgn segala “kepintaran” sampeyan utk menulis artikel2 ini. bukankah Alkitab sdh Sempurna? kenapa sampeyan mengulas Alkitab, apa sampeyan pengen jadi orang hebat?

  17. Hermanus Joy Rp

    man….you interprete the verse against another verse you are misleading the point….definitely you are a modern Saducheee

  18. Kuntoro

    Justru penuilis ini yang sesat……Ilmu dan pengetahuan anda akan alkitab tidak lebih besar dari sebutir debu. Ilmu dan pengetahuan anda hanya berupa air laut yg dimasukkan ke dalam pasir……..

  19. Hendrick

    >makanya jangan anda menalar firman Tuhan dengan otak mu yg terbatas…jadinya anda yg sesat…..coba anda artikan KPR 1:8 kamu akan menerima KUASA/KESANGGUPAN/KEMAMPUAN/KARUNIA kelak apabila Roh Kudus turun atasmu…
    >kog firmant Tuhan belum teguh karena belum selesai penulisannya…nda tertulispun firman Tuhan tetap TEGUH…memangnya TEGUH atau tidaknya janji dan kuasa atau firman Tuhan bergantung kpd manuisa apa…? SANGAT NGACO NI POSTINGAN ANDA….
    > 1 kor 12:7-11….karunia itu sama dengan kuasa/kesanggupan/kemampuan yg diberikan oleh Roh Kudus sesuai KPR 1:8….
    >klo anda percaya kpd Tuhan Yesus,buka hati dan terima dia sbg Tuhan dan juruselamat pribadi anda…dan meminta Roh Kudus masuk memenuhi dan diam didlm anda maka percayalah anda pun dpt diberikan karunia/kuasa/kesanggupa/kemampuan dri Roh Kudus…ini akan membuat anda tdk sama seperti dulu lg…tdk sama dgn org dunia pada umumnya…. SEMOGA ANDA TERTOLONG DARI KEPICIKAN ANDA MEMAHAMI FIRMAN YG TAK TERBATAS dengan OTAK/AKAL manusiamu yg SANGAT TERBATAS…..luk 24:44

  20. Hadi

    Jangan terlalu fanatik ah… Protestan juga gitu-gitu aja, malah ajaran teologinya liberal banget. Kitab Yunus saja ada yang mengatakan cuman kitab karangan.

    Di karismatik mempelajari Alkitab lebih cenderung ke sisi iman dan percaya pada Yesus, adapun banyaknya gereja karismatik yang dianggap sesat bukan berarti setiap gereja karismatik sesat.

    Kuasa penyembuhan selalu ada dari Tuhan baik lewat langsung, atau lewat hambaNya, asal yakin dan percaya. Kalau Pendeta protestan tidak memiliki kuasa itu bukan berarti Kuasa itu bukan berasal dari Tuhan. Ada juga kok Pendeta atau Jemaat Protestan yang mempunyai kuasa itu

  21. gungun

    Sebelum membaca alkitab berdoalah, supaya Roh Kudus menuntun Anda. Bukan dengan ilmu pemikiran Anda. Allah sama dahulu, sekarang dan selamanya.

  22. Lee

    ayat ini berkata ..”mereka akan mengusir setan2 demi namaKu…” siapakah itu mereka? ORANG-ORANG yang percaya.

    Jadi, Orang yang percaya DAPAT mengusir setan2 demi nama Yesus.

    Coba ambil buku Alkitabmu(yang TEGUH itu) dan letakkan di hadapan orang banyak dan jangan berbuat apa2. Lihat apakah terjadi apa2?. Hmmm… Kamu tunggu sampai kapanpun tidak terjadi apa-apa.

    Saat kapan Tuhan meneguhkan firmanNya? saat ada orang yang taat memberitakan InjilNya. Kalau Firman Tuhan sudah TEGUH… apakah tidak perlu lagi ada orang yang memberitakan INjil?

  23. Sir Oka

    Dikalimat akhir anda tulis ” Kuasa itu bukan berasal dari Tuhan” kalau bujan dari Tuhan lalu dari siapa? berarti salah bunyi kalimat yang selama ini saya dengar ” Sesungguhnya Tuhan lah yang Maha Kuasa”

  24. karman

    SETIAP PELAYAN TUHAN,MEMPUNYAI BERKAT BERKAT YANG BERBEDA DAN TUGAS YANG BERBEDA SESUAI TALENTA YANG DIMILIKI,
    ADA YANG BISA MEMYEMBUHKAN,MEMNGAJAR (GURU) KENABIAN…DLL JADI JANGAN SALAH PERSEPSI

  25. papa

    saya anda seorang yg kurang beriman.iman anda hy ada otak anda dan tidak sampai kehati. karena beriman punya pengalaman pribadi dgn Tuhan.Fakta : Di Sebuah sekolah STT Roform ( injili ). seorang mahasiswa di rasuk setan.dg semua metode yg dilakukan mengusir setan tersebut tdk terjadi apa apa. semua dosen dan mahasiswa telah mengusirnya. terpaksa mereka meminta seorang majelis gereja bethany dan di dalam nama yesus kristus di tengking setan itu dan sembuh. anda harus percaya selagi firmn Allah di beritakan mujizat masih terjadi asal kita punya iman. secara dejure setan telah di kalahkan di kayu salib tapi secara defacto kita berperang dgn setan cs. kemenangan salib diberikan kepada gerejaNYA.

  26. Hana

    Puji Tuhan saya dapatkan web ini, dari dulu saya rindu mau belajar alkitab, apalgi ini bahasa aslinya. saat ini banyak sekali penyimpangan dalam ibadah karismatik , membuat saya bertanya2,dan jarang kegereja. Terima kasih Gbu

  27. peni

    Persamaan Dukun Ponari dan Gerakan Karismatik…(sadis banget ni penulis udah kyk Tuhan aja)
    kalo ternyata kamu keliru menghakimi gerakan karismatik.. langsung berhadapan dengan Roh Kudus… (satukan kami Tuhan Yesus agar kami saling mengasihi)

    Rapture soon

    salam dari kami mempelai Yesus Kristus

    benny hinn, braham Alex
    Tanusaputra, Agnes Maria Layantara, Bambang Widjaja, Dora Kansil,
    Gilbert Lumoindong, Jeffry S. Tjandra, Jonathan Pattiasina, Pengki
    Andu, Timotius Arifin, Timotius Subekti, kong hee, choo thomas, sudhi dharma,Andar Ismail, Batara Sihombing, Charles Christano, Chris Manuel Manusama, Chris Marantika, Doddy Prasaja, Edy Leo, Erastus Sabdono, Evelin Nadeak, Franky Sihombing, Hanna Sebadja, Iman Santoso, Indri Gautama, Jack Hartman, Jacob Nahuwai, Jusuf Roni, Niko Nyotoraharjo, Peter Tjondro, Petrus Agung, Rubin Adi, Stephen Tong, Sudhi Dharma, Yakub Susabda, Yesaya Pariadji, Yuda Mailool, GBT, GBI, Bethany, GSJA, dll semua anak Tuhan yesus.

  28. Ricky

    Kuasa memang datang dari TUHAN. seperti ayat yang tertulis dalam blog anda. tanda menyertai orang percaya termasuk menyembuhkan orang sakit.

    EMANGNYA ORANG KHARISMATIK MENGKLAIM KALO KUASA ITU PUNYA orang yang menyembuhkan???

    Menurut orang kharismatik, kuasa itu dari Tuhan yang melalui perantara orang yang mendoakan. orang yang tumpang tangan pada orang sakit dan orang sakit itu sembuh, berarti orang yang tumpang tangan itu dipercaya TUHAN menyalurkan kuasa Tuhan pada orang sakit (SEPERTI ZAMAN KISAH PARA RASUL).

    Sekarang saya tanya, anda dipercaya Tuhan ga??

    Emang sich, semakin orang pintar dalam theologia, semakin dia dekat dengan ke-Murtad-an dan semakin tidak percaya hal-hal yang tidak masuk akal (seperti kuasa penyembuhan dan Mukjizat). mukjizat itu hal yang tak masuk akal, tapi benar-benar NYATA.

    JBU

  29. hamris pandjaitan

    Pahamilah dan renungkan dahulu Hukum Kasih yg diajarkan oleh Yesus Kristus, maka Tuhan Allah akan membukakan pengertian kita semua.GBU

  30. bernike Sihombing

    syalom,

    betul… tidak ada yang yang dapat mengkalim dirinya memiliki kuasa apakah itu kuasa penyembuhan,kuasa Ilhai dengan kesimpulan muzijat. Allah melakukan muzijat pada saat itu dimana ada kehadiran muzijat, menyatakan bahwa Tuhan Yesus itu ada dan hidup. Namun semua muzijat yang tidak dilandaskan DALAM NAMA YESUS bukan kuasa dari Allah. Apabila betul kuasa yang terjadi seharusnya kata kuncinya “DALAM NAMA YESUS”

    Pemikiran:

    seringkali kita menyanggah apa yang kita lihat yang terjadi muzijat yang terjadi dalam satu kegiatan gerejawi ataupun sejenisnya sedangkan dalam prakteknya dilakukan dengan kata kunci “DALAM NAMA YESUS” dan sanggahan itu seringkali kehendakNYA untuk terjadi dan terjadinya muzijat tentu Tuhan Yesus menggunakan perantaranya atas pemberitaannya mengenai kuasa yang berasal dari Tuhan Yesus. Apakah harus Yesus yang datang dalam acara singkat tersebut (ibadah/sejenisnya) untuk menyatakan muzijat dari Tuhan Yesus itu masih ada hingga sampai kini? tentu Tuhan Yesus memakai perantaranya.
    Yang perlu pengkajian bagi yang mengklAim dirinya memiliki kuasa muzijat, itu adalah SALAH BESAR.Burung gagak pernah melayani nabi Elia, dan bila dilihat kredit dari burung tersebut adalah kategori burung yang nazis tetapi karena Allah berkehendak semua itu dibenarkan. Bila Tuhan Yesus berkendak siapapun dapat dijadikan sebagai perantaranya untuk menyatakan kuasa dan Kemuliaan NamaNYA, tentu semua itu harus ada kata kunci “DALAM NAMA YESUS”

    mengenari Ponari:

    jangan dihubung-hubungkan berasal dari Tuhan, dan jelas itu tidak ada hubungannya dengan muzijat.Untuk memahami arti muzijat tentu harus kita tahu arti Muzijat dan apa devinisi muzijat. Praktek yang yang dilakukan Ponari itu bukan muzijat. Makna singkat muzijat adalah praktek kuasa yang tak mampu dilakukan oleh manusia.
    Ketika ponari melakukan prakteknya apakah menggunakan kata kunci “DALAM NAMA YESUS”? tentu tidak, tentu praktek yang dilakukan Ponanri itu diluar konsep gerejawi/iman Kristen. praktek yang dilakukan tidak ada ubahnya praktek dukun yang menggunakan fenomena alam atau seperti dokter menggunakan pengetahuannya yang berasal dari pengalaman pendidikannya.
    Mari…………..
    kita layani Tuhan, gunakan hikmat semaksimal mungkin meski kadangkala dalam pemikiran manusia tidak alkitabiah, dan semua itu ada pertanggung-jawaban kepada Tuhan Yesus artinya praktek yang kita lakukan apakah mengagungkan Nama Tuhan Yesus atau mengagungkan nama diri. Yesus itu ada dan hidup, Yesus dapat melihat, mendengar, merasa.
    Layani Tuhan Yesus sesuai talenta dan karunia yang Tuhan Yesus berikan pada setiap kita. layani Tuhan dengan semaksimal mungkin dengan talenta dan karunia seminimal apapun, karena itu yang Tuhan mau dari kehidupan kita.Terpujilah Tuhan Yesus. GOd Bless.(Bernike Sihombing,MABS.(Dosen Ibrani & Yunani) Email: Bernikee_sihombing@yahoo.com. Telp.08129091451)

  31. Almasih

    kalau Allah tidak memerlukan orang sebagai perantara jadi buat apa Yesus datang ke dunia dalam ujud manusia ? dan buat apa Allah mengutus atau mempercayakan wahyuNya kepada nabi,rasul,imam,guru atau siapapun yang Dia kehendaki bahkan kepada orang fasik sekalipun seperti Koresh orang persia yang tidak mengenal Allah pun dipakai olehNya ?jadi siapakah kita yang dapat mengatakan bahwa Firman Tuhan sudah teguh ? dan tidak diperlukan lagi muzijat melalui orang ?

  32. awam

    “Tentu Zaman di mana firman Tuhan atau Alkitab belum TEGUH atau belum selesai ditulis”

    Ooh…ooh…begitu…ya! Jika Firman Tuhan sudah ditulis (dibukukan) berarti sudah teguh. Kalau begitu marilah kita beramai-ramai semakin meneguhkan Firman Tuhan dengan mencetak sebanyak-banyaknya Alkitab atau buku-buku yang berisi Firman Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s