PENYIMPANGAN DI DALAM GEREJA KATOLIK (Part I)

PENYIMPANGAN DI DALAM GEREJA KATOLIK (Part I)
Oleh alkitabiah

Salam sejahtera,

Hal tentang pemberian gelar Santo dan Santa oleh gereja Katolik adalah bentuk menyimpangnya GRK (Gereja Roma Katolik) dari ajaran alkitabiah.

Gelar santo dan santa diberikan oleh mereka kepada seseorang berdasarkan pada penilaian manusia, bersifat subyektif dan tidak alkitabiah.
1. Penilaian manusia: pemberian gelar santo dan santa ditentukan oleh GRK kepada seseorang sesuai dengan yang GRK mau/inginkan/kehendaki.
2. Bersifat subyektif: Kriteria pemberian gelar dibuat oleh GRK tidak bersifat obyektif, tetapi bersifat subyektif, karena landasannya adalah dogma buatan mereka sendiri yang jauh dari kebenaran Alkitab
3. Tidak Alkitabiah: Karena menyimpang dari ajaran Alkitab maka dapat dipastikan bahwa pemberian gelar santo dan santa oleh GRK di dasarkan pada tradisi paganisme

PERTAMA, kata santo/ santa (latin), hagio/ hagia (yunani), qadosy/ qadosyah (ibrani), qudus/ qudusyatun (arab), santo/santa di dalam ALKITAB diberikan kepada SETIAP ORANG PERCAYA bukan orang-orang tertentu dari orang-orang percaya. Kalau kita renungkan dengan baik ayat-ayat berikut ini, I Korintus 1:2, Efesus 1:1, Filipi 1:1, Roma 1:7, 16:15, kata hagiois/ orang-orang kudus di dalam ayat-ayat tersebut ditujukan kepada orang-orang yang percaya yaitu kepada saya dan anda yang telah bertobat dan percaya kepada Kristus. Keistimewaan SETIAP orang-orang yang telah bertobat adalah memiliki:
1. Posisi kudus/ santo/ hagio/ qadosy/ qudush
2. Hati kudus Yehezkiel 36:26-27
3. Karakter yang terus dibangun I Yohanes 2:6
Jadi sangat tidak alkitabiah apabila gelar santo-santa diberikan kepada SEBAGIAN/ ORANG-ORANG TERTENTU SAJA dari orang-orang percaya. Anda sebagai orang Katolik tidak disebut santo dan santa karena anda bukan bagian dari “orang-orang tertentu” tersebut.

KEDUA, pemberian gelar santo dan santa oleh GRK hanya diberikan kepada “orang-orang tertentu” yang sudah meninggal. Inipun tidak memiliki dasar yang alkiktabiah. Padahal kalau kita renungkan kembali ayat-ayat tersebut di atas, maka gelar “orang-orang kudus” ditujukan kepada orang-orang yang masih hidup.

KETIGA, penyimpangan yang mengarah kepada doktrin paganisme diterapkan oleh GRK. Di mana santo dan santa versi GRK dijadikan oleh mereka sebagai “PELINDUNG GEREJA.” Biasanya ditandai dengan prosesi menaruh potongan tulang atau rambut “sang santo pelindung” di dalam gereja. Inipun tidak alkitabiah

GBU

Iklan

25 thoughts on “PENYIMPANGAN DI DALAM GEREJA KATOLIK (Part I)

  1. Kiky

    Firman Tuhan bukan untuk diperdebatkan dan bukan untuk dianalisa kata per kata dalam bahasa aslinya, tetapi Firman Tuhan untuk di terima dan dilaksanakan apa perintah2 Yesus Tuhan kita, sudahkah kita melaksanakan Matius pasal 5, ayat 3 s/d 12? Firman Tuhan dapat dimengerti oleh orang yang sangat sederhana sekalipun dan Roh Kudus akan membantu untuk mengerti Firman Tuhan, kenapakah kita harus menuduh orang orang lain pada saat kita sendiripun miskin akan pengenalan Roh Kudus? Alkitab tersebar diseluruh dunia sampai tempat terpencil sekalipun, Lukas 6:37 kiranya bisa membuka mata telinga rohani penulis dan minta ampun kepada Tuhan Yesus.

  2. maria act

    Ya,sebaiknya iman bkn utk dperdebatkan tetapi utk membentengi kita dr sikap dan prilaku kita yg tdk pantas dlm sikap serta perbuatan hdp kepada sesama.mengupas habis isi alkitab tdk jg mencerminkan kita pnya pribadi yg baik bila tanpa diimbangi dg perbuatan kasih.lakukan apa yg bs dilakukan sebagai manusia,selebihnya biarkan Tuhan Jesus bekerja utk kita.Tuhan membarkati.

  3. gudang bodo

    ini artikel ajaran rasul ke 15.ketemu Yesus gak pernah, ketemu rasul lain gak pernah tapi sok tahu.
    Padahal para rasul 12 rasul (11 bersama Yezus, 1 pengganti Yudas Iskariod ,plus Paulus) disalahkan.dikira dia lbh kenal dgn Yesus dibanding para rasul.ngotot berpegang pada Alkitab.
    Dikira penulis para rasul dulu sdh pegeng perjanjian baru.pdhl perjanjian baru yg nulis para rasul plus Paulus.
    Jmn para Rasul jg bnyak yg beginian.para rasul crita Yesus, mereka ikit.
    tapi jngn lupa.tulisan dan ajaran yg benar adalah yg dibawa para Rasul yv telah menerima hembusan Roh Kudus 11 rasul) .baca lukas dan yohanes “trimalah Roh Kudus”.yg lainnya tdk.
    demikian para rasul menyebar dan meninggalkan suksesi atau melimpahkan wewemang pada penerusnya.Petrus di Roma dan Syiria, Yakobus di Yerusalem Andreas di condtsntinopel Markus di mesir Mat di etiopia Tomas di India. semua memiliki santo dan santa.
    penerus melanjutkan? ya semua berpaham ortoxoksi(kemurnian ajaran) termasuk Roma.
    lho disalahkan.
    ya ini AJD(ajaran karepku dewe).
    Sok tahu

  4. Manahan Hasibuan

    Kadang hanya melihat secuil sudah punya artikel mencela orang,sedang orang yang sudak memiliki dan menikmati belum tentu bisa buat kesimpulan sempurna,
    jadi tidak baik menilai kalau hanya menjilat kulitnya saja

  5. Leo

    Santo/Santa memang manusia biasa seperti kita, namun mereka menjalankan hukum kasih sampai ke tahap ‘heroic‘ degree. Mereka orang yang rela ‘mati’ terhadap diri sendiri, demi kasih kepada Yesus dan sesama. Jika kita membaca riwayat hidup orang kudus, contoh riwayat Fransiskus dari Asisi, Bernadette, Theresia dari Avilla, Bunda Teresa, Padre Pio, dll, kita akan melihat bagaimana mereka adalah orang-orang yang telah meninggalkan segala-galanya untuk mengikuti Yesus, mengikuti ajaran Yesus kepada orang muda yang kaya raya itu (lihat Mrk 10:21). Memang, dibutuhkan kerendahan hati untuk mengakui bahwa kita secara rohani masih sangat jauh jika dibandingkan dengan para kudus itu. Jika kenyataannya ada orang yang tidak terinspirasi oleh hidup mereka, tidak mengaburkan kenyataan bahwa kehidupan iman mereka merupakan kesaksian hidup akan bagaimana seseorang dapat meninggalkan segala sesuatunya untuk Tuhan dan bagaimana Tuhan dapat berkarya di dalam hidup mereka untuk membawa banyak orang kepada keselamatan di dalam Yesus Kristus. Tak jarang dari para kudus itu (contohnya St. Theresia dari Avila, Faustina) juga diberi penglihatan tentang neraka. jadi penglihatan seperti itu bukan hal yang baru terjadi sekarang ini. Para orang kudus yang masih utuh jasadnya memang tidak lebih besar daripada Yohanes pembaptis, ataupun para rasul, namun mereka sungguh dipilih oleh Tuhan menerima berkat mukjizat ini untuk membuka mata kita akan perbuatan Tuhan yang dinyatakan-Nya kepada para hamba-Nya, bahkan sampai sekarang ini. Bahwa hal ini tidak istimewa bagi sebagian orang, tidak menghapus kenyataan bahwa keutuhan jasad mereka merupakan hal yang istimewa dan tidak terjadi pada semua orang.
    sumber:Katolisitas.org

  6. charles de Jesus

    gw asli KATOLIK! santa/santa adlh HEROnya org KATOLIK dimn kt mau mengikuti tladan mereka utk lbh mendktkn diri kpd YESUS, agr kt pun bs mnjd HERO spt mrk. Utk apa ada pahlawan dlm suatu negara klo tdk utk dihormati n meneladani hdp mrk. Sy pikir tdk ada yg slh dlm hal ini. HIDUP KATOLIK

  7. bijak

    Agama/Gereja yang benar adalah yang tidak memfitnah agama/gereja lain.
    Kalau memang ada point yg jelas2 salah buktikan saja langsung jangan dikait2kan dg organisasinya/komunitynya.
    Anda masih perlu bljr byk bung.
    walaupun NO BODY PERFECT tp berusahalah menuju kesempurnaan tanpa memfitnah yg lain

  8. eddy handoko

    Gelar Santa dan Santo melalui penyelidikan dan doa yg panjang dan melibatkan Ruach ha Kodesh sebagai penolong kita semua .. Dan menjadi panutan bagi umat kebanyakan serta penguat doa .. Ingat teman2 Ayub harus di-doakan Ayub baru diampuni dosanya?
    Penulis dan kita semua harus bergandengan tangan dalam doa dan karya melakukan pekerjaan Allah Bapa Tuhan kita Yesus Kristus.

  9. mattius wirawan

    Pax te cum. Sy dr dulu sudah berpikir n meragukan hal tsb tp ga punya pikiran n blum liat forum spt media ini u ungkapkannya. Tp bg sy gunakan nama” tokoh dlm injil sih sah” sj. Kalo kt baca silsilah Tuhan Yesus kan jg ada yg make/sama dg nama leuhur mreka. Hal lain yg menurut sy ga alkitbiah adalh ktetap an greja ttg adanya kbenaran/ kslamatan diluar greja. Krn menurut sy ga ada bahkan brtentang an dg ayat” alkitab yg sy hafal kata”nya tp lupa bab n ayatnya. Sugguh ada banyak ayat yg menegaskan firman/sabda itulah kbenaran; firman sdah turun jd daging; prcaya kpd Kristus adalh kebenaran sjati, n msh banyak lg. Kalo diluar greja ajarannya smua menolak bhw hanya Yesuslah Tuhan, bahkn dosa sirik hukumnya. Lah kalo dah bgitu mana mungkin yg sangkal Yesus/ kebenaran sjati bs dislamatkan. Bukankah Yesus dah tegaskan siapa prcaya n dibaptis akan dslamtkan; siapa ga prcaya akan dihukum. Syalom. JBU

  10. Eman

    shallom….
    saya seorang katolik,

    bagi masbro yang memuat artikel diatas,,

    -mengapa anda mengurusi iman orang lain?
    -sudahkah anda berpikir sejauh mana kebenaran akan diri anda sendiri dan agama yang anda anut?

    sahabat, milikilah wawasan yang luas supaya anda tidak dibutakan oleh pengetahuan yang anda miliki.

    Tuhan memberkati.

  11. Silvester Henokh Catholik

    saya seorang katolik…Shalom damai Tuhan beserta kita…

    saya mau bertanya, apakah Gereja yang terpecah-pecah itu benar, bukankah tubuh Kristus adalah satu, saya tidak habis pikir banyak sekali Gereja yang menganggap dirinya paling benar. kerajaan dan Gereja yang terpecah-pecah adalah kerajaan dan umat setan, orang yang menganggap dirinya benar adalah Setan, karena tidak seorangpun dapat berkata dirinya adalah orang benar, silakan renungkan…

    Alleluia…

  12. paus benedictus

    apakah menurut anda kita harus melakukan penginjilan atau pertobatan kepada teman katolik kita ? Pertobatan atas penyesatan kayanya dimulai dari Tahta suci Vatikan.

  13. Gbuman

    ora jelas mas… urus sendri masalahmu… jangan urus agama orang lain… urus imanmu… refleksikan dirimu agar sempurna seperti penciptamu… maka damai besertamu… God bless U…

  14. Frans Xaverius

    Frans Xaverius.
    Pemberian gelar santo atau santa gak ada di alkitab baik perjanjian lama maupun perjanjian baru …… ini menyesatkan. Di ajaran kristen gak ada itu….. ini penyimpangan.

  15. furuha

    kalo boleh saya menambahkan,,
    roma, yunani dan eropa masa sebelum kristus memiliki kebudayaan untuk memiliki penjaga (patron) pada tiap kota, bangunan, atau gerakan. jadi kalau di dalam bahasa inggrisnya patron saint, dan masih berkembang di eropa, malah merasuk ke ajaran kristen.
    Gbu

  16. onolalu

    saya sangat setuju dengan artikel ini, ttetapi coba diperbanyak lagi. misalnya: MARIA MASIH BUNDA ALLAH, PERJAMUAN KUDUS, Dll.

  17. eliana nasyira

    iyuh…you’re disgousting…do you think you have less mistakes than catholics, calvinis, and other christians?

  18. chi rho / waWA

    mungkin gelar santo / santa itu sebgaai gelar seperti HERO atau pahlawan bagi Gereja Katholik. papa saya ya pahlawan bagi saya , tapi kan bagi bangsa indonesia bukan, yang pahwalan soekarno, hatta dst…

    mungkin ada pembiasan bahasa disana mas (penyempitan makna)… kayak pendeta = penghulu agama sekarang jadi penghulu agama Kristen saja…

    yah dia sudah berubah kok, sekarng tiap gereja yang baru dibangun tidak harus ada relikui santo / santa…

  19. Terzier

    Shallom,
    saya Terzier, orang katolik
    langsung saja.

    DASAR APA YANG ANDA JADIKAN TULISAN DIATAS ?

    1. ALKITAB ?
    2. PIKIRAN ANDA ?
    3. LINGKUNGAN SEKITAR ANDA ?

    BILA “YA” COBA JELASKAN SEMUA AYATNYA ? JANGAN HANYA SEPATAH-PATAH SAJA.

    *)
    IMAN BUKAN UNTUK DIPERDEBATKAN. IMAN UNTUK DI JALANI, DAN DIPERTANGGUNG JAWABKAN DI MEJA PENGHAKIMAN ALLAH.
    JAGA LIDAH ANDA, BUNG !!!

  20. lamhot

    pernahkah saudara berpikir bahwa penulis kitab suci pun harus menuliskan secara subjektif(apa yang dia percayai/imani tentang Tuhan). ini disebut pewahyuan. pewahyuan tetap ada tetapi tidak melebihi kitab suci melainkan sesuai dengan kitab suci. Merayakan natal, paskah, pergi ke gereja tiap minggu, adalah pewahyuan bagi bapa gereja (katolik). hal merayakan natal,paskah n pergi k gerje tidak dituliskan dalam kitab suci. demikian soal santo, apa salahnya menghormati(bukan menyembah)orang-orang yang terbukti saleh. semoga kamu juga saleh kawan, pasti banyak yang meneladani dan menghormatimu.

  21. tjahjono

    Saya bertanya, apakah Kristus itu bersabda itu hanya berhenti pada tahun 30 sampai dengan tahun 33?
    Apakah orang-orang percaya kepadaNya dan mengimaniNya dan melaksanakan perintah-perintah Tuhan, dalam hal ini Allah yang wujud adalah PutraNya yang tunggal yang mati disalib karena kedurhakaan kita Manusia … apakah ini bukan Tuhan sendiri yang berkarya dalam pribadi manusia tersebut ?
    Orang-orang suci adalah orang-orang yang terhormat dihadirat Tuhan, apa dan siapa orang itu? Adalah orang yang tekun melaksanakan sabda-sabdaNya. Yang mau diutus untuk melantarkan berkat, karena pada hakekatnya berkat Tuhan itu datangnya adalah bukan irasional, tetapi melalui manusia yang tentunya manusia-manusia yang tidak memikirkan penyesatan2(pikiran ).
    Tetapi melainkan hasil dari refleksi permohonan pengampunan, permohonan agar diperbolehkan untuk menjadi lantaran berkat Tuhan kepada orang lain.
    Marilah kita bersama-sama bergandengan tangan dalam Nama Tuhan menyampaikan berkat untuk orang lain yang suekarang ini masih suangat banyak mebutuhkan bantuan. Tuhan itu mengenal kita tidak berdasarkan hanya kita terlalu banyak membaca kitab suci.
    Tetapi Tuhan itu mengenal kita ketika Tuhan menjadi seorang Tawanan apakah kita telah melawatinya, ketika sakit, ketika tersiksa/teraniaya, ketika menjadi seorang yang asing dan lain dan lain sebagainya.
    Saat ini yang dibutuhkan Tuhan bukanlah membahas Mengungkap Penyesatan Gerakan Kharismatik, Penyesatan Gereja Khatolik, Penyesatan Gerakan Oikumene, Penyesatan Calvinis, Penyesatan kaum Adventis, Penyesatan Saksi Yehova, Penyesatan Liberalisme, Komprominya Kaum Injili, dll
    Yang dibutuhkan Tuhan adalah orang – orang yang melaksanakan perintah2Nya, karena Tuhan saat ini sedang menangisi umatNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s